Home / Berita Terkini / Plt Gubernur Aceh Serukan Bantu Palu

Plt Gubernur Aceh Serukan Bantu Palu

Humas Aceh | 30 Sep 2018

BANDA ACEH – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyerukan seluruh lapisan masyarakat di Aceh untuk segera membantu warga Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang ditimpa bencana gempa dan tsunami, Jumat (28/9) sore.

Nova menyerukan masyakat Aceh membantu korban gempa dan tsunami Sulteng dengan cara berdonasi melalui rekening yang dibuka di bawah koordinator Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Hal itu dikatakan Nova menjawab Serambi, Sabtu (29/9) terkait upaya dan langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Aceh untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

“Mari sama-sama kita membantu saudara kita di Palu dan Donggala yang kini ditimpa musibah,” kata Nova yang ketika dihubungi sedang berada di Melaka, negara bagian Malaysia menghadiri acara IMT-GT.

Nova mengatakan, seruan untuk membantu korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala juga telah diinstruksikan sesaat setelah mendapat kabar terjadinya musibah di sana. “Instruksi khusus untuk itu (bantu korban gempa dan tsunami Palu). Begitu saya dengan kabar duka itu langsung saya berikan instruksi,” kata Nova.

Dia menjelaskan, leading sektornya untuk mengumpulkan donasi tersebut dipercayakan kepada BPBA di bawah koordinator langsung Kalak BPBA, Teuku Ahmad Dadek bersama Kadis Sosial Aceh, Alhudri. Artinya, penggalangan bantuankemanusiaan itu dilaksanakan dan berada di bawah tanggung jawab Pemerintah Aceh melalui BPBA dan Dinas Sosial Aceh.

Tim itu sendiri didukung sejumlah organisasi, seperti Forum PRB Aceh, ACT, RAPI, Forum LSM Aceh, Alumni BRR NAD-Nias, Yayasan Beudoh Gampong, dan sejumlah unsur lainnya.

“Dengan leading sektornya BPBA, kita terus mengumpulkan donasi. Tidak per segmen, donasi ini bebas, siapa saja boleh, ada PNS, ada lembaga, ada bank, DPRA, pemerintah kabupaten/kota, dan juga masyarakat biasa,” kata Nova.

Menurut Plt Gubernur Aceh, pihaknya secara cepat bergerak mengumpulkan donasi dari semua elemen masyarakat. Hal ini sama seperti yang dilakukan Pemerintah Aceh ketika membantu korban gempa Lombok, NTB satu bulan lalu. “Polanya sama seperi kita membantu saudara kita di Lombok kemarin, tiap menit diupdate, kita update terus orang yang berdonasi. Dan ini sukses, alhamdulillah kita kemarin mengumpulkan Rp 1,5 miliar untuk membangun masjid di Lombok,” pungkas Nova.

Mencapai Rp 220 juta
Kalak BPBA, Teuku Ahmad Dadek kepada Serambi mengatakan, sejak Sabtu kemarin pihaknya bersama Dinas Sosial Aceh, Biro Humas Setda Aceh dan beberapa organisasi pendukung, di antaranya Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Aksi Cepat Tanggap (ACT), RAPI, Forum LSM Aceh, Yayasan Beudoh Gampong dan sejumlah relawan lainnya terus bergerak menghimpun donasi dari berbagai sumber.

Menurut Dadek, sejak menjelang siang hingga pukul 22.30 WIB tadi malam, komitmen donasi sudah mencapai sekitar Rp 220 juta.

“Donasi yang mulai kita kumpulkan ini masih dalam bentuk komitmen, rekening khusus untuk ini akan kita buka Senin 1 Oktober,” kata Teuku Ahmad Dadek didampingi Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB Aceh), Nasir Nurdin. “Donasi yang kita galang akan terus kita update dan di-share ke berbagai media,” lanjutnya.

Check Also

Ikut Gowes Bersama Ribuan Warga, Plt Gubernur Finish Urutan Pertama

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meramaikan kegiatan sepeda santai Minggu pagi …