Home / Berita Terkini / Masyarakat Aceh Bantu Pembangunan Masjid di Lombok Utara

Masyarakat Aceh Bantu Pembangunan Masjid di Lombok Utara

Humas Aceh | 27 Okt 2018

Lombok – Pemerintah dan masyarakat Aceh menyumbangkan Rp.1,2 miliar untuk pembangunan Masjid Annur di Desa Gondang Kecamatan Gangga di Lombok Utara. Masjid di Nusa Tenggara Barat itu roboh akibat gempabumi 7,0 magnitude pada 5 Agustus lalu. Peletakan batu perdana pembangunan masjid itu dilakukan langsung oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Sabtu 27/10/2018.

Nova Iriansyah mengatakan, bantuan pembangunan masjid tersebut berasal dari sumbangan masyarakat Aceh. “Ini benar-benar bantuan dan amanah dari rakyat Aceh. Kalau dijadikan masjid Annur Aceh, Alhamdulillah,” kata Nova.
Nova mengatakan, sebagai sesama penganut Islam, masyarakat Aceh sesungguhnya bersaudara dengan masyarakat Lombok. Mereka di aceh, lanjut Nova terus memberikan doa dan dukungan terbaik bagi pulihnya psikologis korban gempa Lombok serta pembangunan kembali di lokasi bencana.
Nova menambahkan masjid Annur yang baru, dirancang tahan gempa. Bangunan masjid itu berdiri di atas tanah seluas 400 meter persegi, yang berbentuk bujur sangkar de­ngan ukuran 15 x 15 meter dan ber­­kon­struksi bangunan dari beton. Tetapi bagian atas bangunan masjid, ter­buat dari anyaman bambu mengingat pro­vinsi ini sering dilanda gempa.
Desain masjid itu sendiri dikerjakan oleh Andry Widjowijatnoko, seorang arsitek lulusan ITB. Penggunaan material bambu pada masjid itu, juga dalam rangka menjaga kearifan lokal, sebab bambu merupakan salah satu material lokal di Indonesia.
“InsyaAllah secara teoritis masjid ini tahan gempa dan tentunya kita tanpa mendahului kehendak Allah,” kata Nova. Karena desain ikoniknya, Nova berharap masjid Annur nantinya bisa menjadi ikon bagi masyakat di Lombok Utara

Check Also

[Video] Dyah Apresiasi Pelaksanaan Rakerda Dekranas Aceh Timur 2018

Humas Aceh | 19 Nov 2018 Dyah Apresiasi Pelaksanaan Rakerda Dekranas Aceh Timur 2018