Home / Aceh Selatan / Plt Gubernur: Mari Tauladani Semangat Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy

Plt Gubernur: Mari Tauladani Semangat Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy

Humas Aceh | 18 Des 2018

Aceh Selatan – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengajak semua pihak untuk menjadikan prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy sebagai momentum untuk mengenang dan meneladani semangat ulama besar Aceh itu dalam mensyiarkan dan mengembangkan pendidikan Islam di Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dalam sambutannya pada acara peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy yang dirangkai dengan peringatan Haul ke-6 Abuya Muhibuddin Waly, di komplek Dayah Darussalam Labuhan Haji Barat, Selasa (18/12/2018).

“Semoga semangat Almarhum Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy dan Abuya Muhibuddin Waly dalam mengembangkan pendidikan Islam di Aceh, bahkan hingga tingkat nasional dan internasional, dapat kita tauladani dan tertanam di dalam jiwa kita. Dengan demikian saya yakin masyarakat Aceh akan tetap berpegang teguh dan terus mensyiarkan Islam,” ujar Nova.

Semangat dan etos pantang menyerah beliau tetap tinggal dalam jiwa kita.

Sebagaimana diketahui, Dayah Darussalam didirikan oleh Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy pada tahun 1940 silam. Selama 78 tahun berdiri Dayah ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi Aceh dan menjadi salah satu benteng umat Islam Aceh dari berbagai bentuk serangan.

“Hampir dapat dipastikan, seluruh ulama kharismatik Aceh saat ini adalah murid dari Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy. Oleh karena itu saya sangat mendukung penamaan Masjid ini dengan nama beliau,” imbuh Nova.

Nova menegaskan, senada dengan semangat Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy, Pemerintah Aceh memiliki komitmen tinggi terhadap pendidikan masyarakatnya, tak hanya pendidikan umum, pendidikan agama juga menjadi salah satu fokus Pemerintah Aceh. apalagi Aceh merupakan satu-satunya daerah yang menerapkan Syari’at Islam di Indonesia.

“Aceh Meuadab adalah salah satu program unggulan Pemerintah Aceh. program ini fokus pada upaya untuk mengembalikan khittah Aceh sebagai serambi Mekah, melalui implementasi nilai ke-Islaman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah penguatan pendidikan akhlak dalam seluruh tingkatan pendidikan,” kata Nova.

“Pelajari dan tauladani semangat Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy dan Abuya Muhibuddin Waly. Pengorbanan dan perjuangan almarhum harus dalam mensyiarkan Islam harus terus kita tauladani.  Anak-anakku, kalian harus berdiri dengan kepercayaan diri tinggi, yakinlah bahwa masa depan bangsa ini ada di pundak kalian semua,” pungkas Plt Gubernur.

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Syekh Muhammad Waly Al-Khalidy dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh didampingi pimpinan Dayah Darussalam labuhan Haji Abuya Mawardy Waly dan Bupati Aceh Selatan Azwir.

Check Also

Ketua Dharma Wanita Setda Aceh Ikut Deklarasi Germas Simeulue

SIMEULUE—Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si memberikan dukungan penuh …