Home / Aceh Besar / Aceh Besar Tingkatkan Pengelolaan Wisata Air Panas

Aceh Besar Tingkatkan Pengelolaan Wisata Air Panas

Humas Aceh | 5 Feb 2016

Banda Aceh  – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Aceh Besar terus berupaya meningkatkan pembenahan dan meningkatkan pengelolaan wisata pemandian air panas Ie Suum.”Peningkatan pengelolaan terus kami lakukan sehingga muncul inovasi untuk pengelolaan kawasan wisata ini dan nantinya juga akan berpengaruh pada jumlah pengunjung,” kata Kepala Disbudparpora Kabupaten Aceh Besar, M Ali di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan pada 2015, pihaknya juga telah melakukan pembenahan sejumlah fasilitas di kawasaan wisata pemandian air panas Ie Suum tersebut seperti merenovasi kolam yang dindingnya retak.

“Kita akui sarana prasarana yang ada perlu terus ditingkatkan, namun anggaran yang tersedia sangat terbatas,” katanya.

Menurut dia, pembenahan sejumlah sarana prasarana pada tahun anggaran 2015 tersebut juga bagian untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh pengunjung yang datang guna menikmati pemandian air panas di daerah setempat.

Selain sebagai wisata pemandian air panas, kawasan wisata tersebut juga sebagai tempat terapi kesehatan bagi masyarakat yang menderita asam urat, kesemutan dan stroke.

“Ada di antara mereka yang kadang tinggal beberapa hari di sana untuk melakukan terapi di kawasan pemandian air panas Ie Suum,” katanya.

Ia menjelaskan memang saat ini belum ada penginapan resmi di lokasi wisata pemandian air panas di Kabupaen Aceh Besar itu.

“Jika ada pihak-pihak yang ingin berinvestasi di kawasan tersebut maka juga dapat bekerja sama dengan masyarakat sekitar, sebab kalau di kawasan pemandian air panas lokasinya sempit,” katanya.

Pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan terhadap kawasan wisata pemandian air panas di Gampong Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya yang berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Banda Aceh, sehingga jumlah pengunjung yang datang terus meningkat setiap tahunnya dan upaya menyejahterakan masyarakat dapat terwujud di masa mendatang.

sumber : www.aceh.antaranews.com

Check Also

Ketua Dharma Wanita Setda Aceh Ikut Deklarasi Germas Simeulue

SIMEULUE—Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si memberikan dukungan penuh …