Home / Berita Terkini / Aksi Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Belum Berakhir
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM

Aksi Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Belum Berakhir

* Sudah Dapat Sekitar 700 Kantong

Banda Aceh – Aksi donor darah Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Aceh terus berlanjut. Hari ini, ASN di Dinas Pendidikan Aceh dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh mendapat giliran donor darah. Dari kedua dinas tersebut Unit Transfusi darah Kota Banda Aceh berhasil mengumpulkan sebanyak 93 kantong darah.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, di ruang kerjanya, Senin (8/6/2020) sore.

“Alhamdulillah, setelah diinisiasi oleh Pak Plt Gubernur dan Pak Sekda pada 27 Mei lalu, kegiatan donor darah ASN di jajaran Pemerintah Aceh masih terus berlanjut. Hari ini dua dinas yang mendapat giliran, yaitu Dinas Pendidikan Aceh dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Toal ada 85 kantong darah yang berhasil dikumpulkan dari donor darah hari ini,” ujar Iswanto.

Dari jumlah tersebut, sambung Iswanto, ASN Dinas Pendidikan Aceh menyumbang sebanyak 56 kantong yang terdiri atas 17 kantong darah A, 15 kantong darah B, 1 kantong darah AB dan 23 kantong darah O. sementara itu, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh mengumpulkan sebanyak 29 kantong darah, yang terdiri atas 7 kantong darah A, 6 kantong darah AB, 1 kantong darah AB dan 15 kantong darah O.

“Antusiasmenya tinggi, di Dinas Pendidikan saja ada total 89 ASN yang mendaftar dan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh ada 41 ASN yang mendaftar. Namun, karena berbagai alasan medis, seperti kadar Hemoglobin atau HB yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, bertekanan darah tinggi, maka yang bersangkutan dibatalkan keinginan untuk mendonorkan darahnya” sambung Iswanto.

Mantan Kabag Humas di Setdakab Aceh Besar itu menambahkan, ke depan, kegiatan donor darah ASN Aceh ini masih akan berlanjut. Namun akan diberlakukan secara berkala sesuai saran dari PMI Banda Aceh.

“Donor darah ASN masih akan berlanjut, namun sesuai dengan saran dari Kepala UTD PMI Banda Aceh. Kegiatan donor akan kita lakukan secara berkala, karena ada jenis komponen darah yang dibutuhkan 6 jam pasca darah tersebut diambil dari pendonor,” imbuh Iswanto.

Sementara itu, Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni menambahkan, hingga hari ini UTD PMI Banda Aceh telah berhasil mengumpulkan sebanyak 699 kantong darah dari ASN di lingkup Pemerintah Aceh.

Qamaruzzaman menambahkan, selain Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Badan Kesbangpol Aceh Mahdi Ismail dan jajaran, hari ini datang langsung ke UTD PMI Banda Aceh untuk mendonorkan darah. Kepada masyarakat yang membutuhkan darah, Qamaruzzaman mempersilahkan masyarakat untuk menghubungi call center PMI Banda Aceh di nomor 08116815800.

“Alhamdulillah, nyaris 700 kantong darah sudah terkumpul. Semoga gerakan ini bisa terus berlanjut dan menggerakkan masyarakat untuk secara sukarela mendonorkan darahnya, karena sesuai pesan Pak Plt Gubernur, selain menyehatkan setetes darah kita adalah kehidupan bagi saudara-saudara kita yang lain. Kecukupan stok darah adalah sebuah kabar gembira bagi yang membutuhkan, terutama saudara-saudara kita penderita thalassemia. Jadi mari rutin berdonor darah,” imbau Qamaruzzaman Haqni.[]

Check Also

[Video] Dyah Erti Mendidik Anak harus Ikuti Perkembangan Zaman