Home / Kota Banda Aceh / Aminullah Resmikan Lembaga Pendidikan Diniyah di Batoh

Aminullah Resmikan Lembaga Pendidikan Diniyah di Batoh

Humas Aceh | 19 Februari 2018

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman SE Ak MM meresmikan Yayasan Pendidikan Islam Abu Hasan Al Asy’ari Aceh (YPIAHA) yang berlokasi di Masjid Babuttaqwa, Batoh, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh. Peresmian Lembaga Pendidikan Diniyah ini dilakukan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Gampong Batoh, Minggu (18/2/2018).

Pembukaan selubung papan nama oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota menandai peresmian Lembaga Pendidikan ini.

Turut hadir, Camat Lueng Bata, Mustafa, Kadis Pariwisata, Rizha MM dan sejumlah pejabat jajaran Pemko Banda Aceh. Hadir juga Ustad Masrul Aidi, Senator asal Aceh, Rafli dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Aminullah memberikan apresiasi kepada masyarakat Batoh atas lahirnya Lambaga Pendidikan tersebut. Kata Wali Kota, pendidikan diniyah sangat berperan penting dalam membentuk karakter, perilaku dan pondasi dasar keagamaan anak didik.

“Sejak kecil mereka perlu terus menekuni ilmu agama agar menjadi pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Harapan kita, visi misi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariat akan segera terwujud,” ungkap Aminullah.

Aminullah memastikan, dirinya dan Pemko Banda Aceh akan mendukung penuh keberadaan Yayasan Pendidikan Islam, Yayasan Abu Hasan Al Asy’ari. Walikota juga mengajak semua pihak berpartisipasi membesarkan lembaga pendidikan tersebut.

“Pemko memberikan perhatian penuh terhadap aspek pendidikan, terutama dibidang penguatan agama. Di sekolah-sekolah, saat ini, telah digelar sejumlah mata pelajaran agama sebagai bekal anak-anak dalam menempuh masa depan dengan keadaan lingkungan yang kompleks,” ungkapnya.

Menurutnya, penambahan jam pelajaran agama dan peningkatan kegiatan ekstrakurikuler berbasis Islam merupakan bagian penting untuk mendidik anak-anak Banda Aceh dekat dengan nilai-nilai Islam, yang menjadi tonggak dasar kehidupan bermasyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota juga berharap hadirnya lembaga pendidikan seperti Yayasan Abu Hasan Al Asy’ari dapat dijadikan contoh oleh gampong-gampong yang lain dalam rangka melahirkan generasi yang beriman, berakhlak mulia, bertamaddun, jujur dan adil.

Laporan dari Ketua YPIAHA, Zaini Yusuf, lembaga pendidikan yang berlokasi di Masjid Babuttaqwa baru bebebrapa bulan beroperasi dan telah memiliki santri 70 orang.

Kepada Wali Kota, Zaini Yusuf meminta dukungan dan perhatian untuk kelangsungan proses belajar mengajar di Yayasan tersebut.

Di sela-sela peresmian Lembag Pendidikan ini, Wali Kota dan Wakil Walikota menyerahkan santunan secara simbolis kepada perwakilan anak yatim Gampong Batoh. Santunan seluruhnya diberikan untuk 60 orang anak yatim yang ada di Gampong Batoh. Turut juga menyerahkan santunan, Ketua Yayasan, Zaini Yusuf, Camat Lueng Bata, Mustafa dan Keuchik Batoh.

Check Also

PKK Aceh Gelar Konferensi Internasional Pendidikan Anak Usia Dini

Humas Aceh [3 Des 2018] Banda Aceh – Tim Penggerak PKK Aceh bekerjasama dengan Universitas …