Home / Berita Terbaru / ASN Dishub Aceh Sumbang 67 Kantong Darah
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM

ASN Dishub Aceh Sumbang 67 Kantong Darah

Banda Aceh – Petugas Palang Merah Indonesia Banda Aceh berhasil mengumpulkan darah sebanyak 67 kantong dari para Aparatur Sipil Negara yang mengabdi di Dinas Perhubungan Aceh, Rabu (23/2/2021).

“Alhamdulillah, hari ini teman-teman ASN di Dishub Aceh berhasil mengumpulkan sebanyak 67 kantong darah. Jika ditambah dengan jumlah sebelumnya, yaitu sebanyak 7.717 kantong, maka total jumlah darah yang telah disumbangkan ASN Pemerintah Aceh, sejak aksi donor darah rutin ASN dicanangkan oleh Pak Gubernur, telah mencapai sebanyak 7.784 kantong,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Serda Aceh Muhammad Iswanto.

Lebih lanjut Iswanto menambahkan, 7.784 kantong ini bukanlah jumlah darah yang saat ini tersedia di PMI, namun jumlah keseluruhan sejak gerakan sukarela ini dicanangkan.

“Penyebutan jumlah total darah bukanlah ketersediaan darah saat ini di PMI, tapi jumlah total akumulasi keseluruhan sejak gerakan ini dicanangkan. Kami sengaja menyebutkan total ini semata untuk memantik semangat dan membangun kesadaran masyarakat untuk secara bersama mau membuat gerakan serupa, karena kebutuhan darah kita memang sangat tinggi,” kata Iswanto.

Untuk mengetahui detil jumlah ketersediaan darah, mantan Kabag Humas Pemkab Aceh Besar itu mengimbau masyarakat untuk menanyakan langsung ke instansi berwenang, yaitu PMI.

Iswanto menambahkan, berdasarkan data yang di rilis oleh PMI pada tahun lalu, sumbangan darah dari ASN dan TNI di Aceh mampu membantu sekitar 70 persen dari total kebutuhan darah di Aceh.

“Ini mengindikasikan bahwa apa yang saat ini dilakukan ASN belum mampu menutupi kebutuhan darah harian di Aceh. Oleh karena itu, gerakan sukarela seperti ini kami harapkan dapat diduplikasi oleh masyarakat, OKP dan LSM, sehingga kebutuhan darah harian kita yang berkisar antara 100 hingga 150 kantong per hari bisa terpenuhi. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang membutuhkan kesulitan mendapatkan pasokan darah. Oleh karena itu, mari kita ringankan beban mereka dengan rutin berdonor,” imbau Iswanto.

Karo Humpro menambahkan, sebanyak 67 kantong darah yang disumbangkan oleh ASN Dishub Aceh hari ini, terdiri atas 17 kantong darah A, 15 kantong darah B, satu kantong darah AB dan 34 kantong darah O.

“Gerakan sukarela ini akan terus berlanjut, sesuai dengan kalender yang telah kita susun sejak tahun lalu. Nantinya, masing-masing dunas akan dikunjungi oleh tim dari PMI Kota Banda Aceh sesuai jadwal. Karena di masa pandemi, seluruh proses donor darah tentu tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Karo Humpro.[]

Check Also

Penderita Covid-19 yang Sembuh Bertambah 101 Orang di Aceh

Banda Aceh—Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sembuh bertambah sebanyak 101 orang lagi di Aceh. …