Home / Berita Terkini / Baitul Mal Aceh Salurkan Beasiswa Rp. 15 milyar

Baitul Mal Aceh Salurkan Beasiswa Rp. 15 milyar

Humas Aceh | 1 Juli 2016

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh menyalurkan beasiswa Pendidikan senilai Rp.15 milyar lebih kepada 5.330 Mustahik. Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah di Anjong Mon Mata, Jumat (1/7).

Zaini Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Baitul Mal Aceh mengalokasikan dana zakat Rp. 15,174 milyar untuk pendidikan yang bersumber dari zakat masyarakat Aceh. Sedangkan jumlah mustahiq atau penerima manfaatnya sebanyak 5.330 orang dari total 11.329 penerima yang ada di Aceh.

“Semoga bantuan ini semakin mendorong anak-anak kita untuk rajin belajar agar kelak mampu meraih cita-cita yang diimpikan,” kata Zaini.

Keberadaan lembaga Baitul Mal kata Zaini, merupakan salah satu keistimewaan Aceh untuk membantu masyarakat menjalankan kewajiban untuk membayar zakat.

Zaini Abdullah meyakini, jika seluruh masyarakat Aceh bersatu untuk menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah melalui Baitul Mal, pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat di Aceh akan berjalan dengan lebih baik.

Prestasi Baitul Mal Aceh dalam mengelola Zakat kata Zaini tidak diragukan lagi.  Tahun lalu, Baitul Mal mendapat penghargaan sebagai yang terbaik dalam hal Manajemen Kelembagaan Zakat se- Indonesia.

“Prestasi ini harus kita jaga, agar kepercayaan masyarakat terus meningkat,” ujar Zaini.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Aceh, Dr. H. Armiadi Musa, MA menjelaskan, dana Zakat yang dialokasikan untuk pendidikan sebesar 15,173 Milyar bersumber dari total Dana Zakat seluruhnya Rp 46,095 Milyar.  Sedangkan jumlah mustahik atau penerima manfaat pada sektor pendidikan adalah 5.330 orang  Dari total 11.329 orang.

Tahun 2014  kata Armiadi, pendapatan zakat di Aceh sebesar Rp 192 milyar, kemudian meningkat pada tahun 2015 sebesar Rp 218 milyar.

“Ada peningkatan setiap tahun yang signifikan dan alhamdulillah, zakat terus berkontribusi bagi pengentasan kemiskinan di negeri yang kita cintai,” ujar Armiadi.

Sedangkan dalam penyalurannya lanjut Armiadi, Baitul Mal Aceh terus berupaya melakukan terobosan yang terbaik untuk mesejahterakan masyarakat Aceh salah satunya melalui bidang pendidikan.

Armiadi mengatakan, berdasarkan hasil penelitian tahun 2014, Potensi Zakat di Aceh mencapai Rp. 1,4 trilliun lebih, namun belum sepenuhnya tergarap. Kehadirian Baitul Mal merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah Aceh dalam mendukung program zakat.

Penyerahan Beasiswa tersebut turut dihadiri ribuan mustahik, beasiswa tersebut akan ditransfer lansung ke rekening masing-masing penerima Beasiswa.

Check Also

Virus Corona Bukan Hoax, Semua Siaga Tangkal Laju Transmisinya

Banda Aceh—Ada banyak informasi palsu (hoax) di seputar virus corona yang beredar masif di tengah …