Home / Berita Terkini / Bunda PAUD Teken Fakta Integritas Program Satu Desa Satu PAUD

Bunda PAUD Teken Fakta Integritas Program Satu Desa Satu PAUD

Bunda Paud Aceh, Hj. Niazah A. Hamid di dampingi Kadis Pendidikan Aceh, Menandatangani pakta integritas dukungan Bunda Paud Aceh terhadap program 1 Desa 1 Paud untuk si selenggarakan di wilayah Aceh di Aceh Besar, 05/9.

Humas Aceh | 6 Sep 2016

Banda Aceh – Bunda PAUD Aceh, Hj. Niazah A Hamid menandatangani fakta integritas  sebagai bentuk dukungan terhadap program Satu Desa Satu PAUD untuk diselenggarakan di Aceh pada acara pembukaan Rapat Kerja Daerah Bunda PAUD Tahun 2016 di Hotel Permata Hati, senin, (5/9). Penandatangan fakta integritas tersebut juga diikuti oleh Bunda PAUD dari seluruh Aceh.

Dalam sambutannya, Ummi Niazah mengatakan, meskipun jumlah PAUD di Aceh terus bertambah, program satu desa satu paud belum sepenuhnya berjalan di Aceh.

“Dari  6.493  desa  yang  ada di  Aceh,  masih ada lebih dari  2.000 yang  belum memiliki  PAUD,” kata Ummi Niazah.

Peran PAUD kata Niazah sangat penting dalam membentuk  dasar dan  karakter  diri.

“Upaya  peningkatan  mutu  program PAUD harus  kita  lakukan  secara berkelanjutan  untuk disesuaikan  dengan perkembangan  zaman,” ujar Niazah.

Pada kesempatan  tersebut Ummi Niazah  mengajak Bunda PAUD di seluruh Aceh untuk meningkatkan  kinerja  Pokja  Bunda  PAUD  terutama  sisi administrasi  dan  dokumentasi  serta  mendorong  agar pembentukan PAUD di gampong-gampong segera diwujudkan untuk  menjalankan  program  “Gerakan  nasional  satu  desa, satu  PAUD”.

Selain itu, melakukan sosialisasi  program  PAUD  kepada  sektor  swasta, dan   BUMN/  BUMD  untuk  dapat  berkontribusi  dalam pembangunan  PAUD dan terus mengupayakan  dana  bantuan  dari  program  Gampong untuk  biaya  pendirian  dan  biaya  operasional  PAUD  di  desa setempat.

“Pembinaan pendidikan paud melalui pelatihan guru di Kabupaten/kota juga perlu dilakukan,” ujar  Niazah seraya berharap Bunda PAUD untuk berkoordinasi dengan Pusat Pelatihan dan Pembinaan Guru yang ada di daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo menyampaikan bahwa setiap anak harus diberi kesempatan untuk sekolah dan belajar sejak usia dini.

Untuk itu lanjut Darjo, program satu desa satu PAUD sangat penting agar setiap anak memiliki kesempatan untuk belajar sejak usia dini.

“Mudah – Mudahan PAUD di Aceh semakin berkembang dan meningkat baik dari segi mutu dan prestasi,” ujar Darjo.

Rakerda tersebut kata Darjo, untuk menyamakan persepsi seluruh Bunda PAUD  di Aceh untuk melaksanakan program bunda PAUd Aceh dan Kabupaten/Kota se-Aceh. “Kita perlu ide, gagasan dan langkah strategis untuk meningkatkan angka partisipasi PAUD dan gerakan nasional program satu desa satu PAUD,” ujar Darjo.

 

Check Also

Tiga Kabupaten di Aceh Nihil Korban Covid-19

Banda Aceh—Korban infeksi virus corona, penyebab Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sudah terdapat di 20 kabupaten/kota …