Home / Berita Terkini / Bupati Aceh Jaya Buka Bhakti Sosial dan Jambore Tagana

Bupati Aceh Jaya Buka Bhakti Sosial dan Jambore Tagana

Humas Aceh | 14 Juli 2019

Calang – Bupati Kabupaten Aceh Jaya, Drs H T Irfan TB, membuka secara resmi bhakti sosial dan jambore tagana yang akan berlangsung sejak 13-16 Juli 2019, Sabtu (13/7/2019) malam.

Dalam sambutannya, H.T Irfan TB mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mengucapkan terimakasih kami kepada Plt Gubernur Aceh dalam hal ini Kepala Dinas Sosial Aceh yang telah menunjukkan Aceh Jaya sebagai tuan rumah bhakti sosial dan jambore tagana 2019.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Aceh atas kepercayaan ini. Sebelumnya kami juga pernah diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah pada bhakti sosial dan jambore tagana nasional yang dipusatkan di rest area Rigah Aceh Jaya dua tahun lalu,” kata Bupati Irfan TB.

Bupati Irfan TB mengungkapkan, Aceh Jaya merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Barat, melalui Undang-undang Nomor 4 Tahun 2002, tak lama setelah pemekaran gempa dan tsunami meluluh lantakkan kabupaten ini. Oleh karena itu, pihaknya mengaku sangat berbangga menjadi tuan rumah dua kali Jambore Tegana, sebelumnya tingkat nasional, kali ini tingkat provinsi.

Bupati Irfan TB juga berterimakasih dengan dijadikan Desa Bintah, Kecamatan Pasie Raya sebagai lokasi bhaksos bersama Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan Forum CSR Kessos, dia berharap dengan dijadikan desa ini sebagai lokasi bhaksos dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Karena itu kami sangat berbangga, karena Bintah ini adalah desa yang masih sangat tertinggal dari desa-desa lainnya yang ada di Aceh Jaya. Untuk ke sana kita harus menggunakan rakit, ” katanya.

Untuk itu Irfan TB berharap kepada para relawan Tagana agar kerja sosial yang akan dilakukan di sana sesuai dengan harapan Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM, begitu pun dia meminta agar
para relawan tagana tidak mengeluh dengan kondisi atau keterbatasan yang ada.

“Tagana ini merupakan relawan yang tanpa pamrih dalam hal membantu kebencanaan walaupun upah yang didapatkan tidak seberapa. Tapi ke depan tadi kata Pak Kadis akan memikirkan nasib dan kesejahteraan relawan tagana ke depan,”katanya.

Dalam kesempatan itu dia juga mengucapkan siap menjadi tuan rumah jika kembali dipercayakan ke depan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi para relawan penanggulangan bencana se Aceh serta sebagai sarana aktualisasi diri dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan Tagana se Aceh dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Kegiatan bhaksos dan jambore tagana ini didukung penuh oleh SKPA terkait dan SKPK Aceh Jaya dan Forum CSR di Aceh, dengan harapan terwujudnya percepatan program akselerasi pembangunan di kabupaten Aceh Jaya .

“Tujuan kegiatan ini juga sebagai salah satu program akselerasi pembangunan di masyarakat dengan melibatkan unsur SKPA dan Forum CSR terkait untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut dari Kementrian Sosial RI, unsur Muspika, Para Kepala SKPK Aceh Jaya, dan masyarakat setempat.

Check Also

Isi Kemerdekaan dengan Perangi Narkoba

Banda Aceh – Salah satu bentuk penghormatan generasi muda Aceh terhadap jasa para pahlawan adalah dengan …