Home / Berita Terkini / Butuh Kerjasama Banyak Pihak untuk Berantas Stunting

Butuh Kerjasama Banyak Pihak untuk Berantas Stunting

Humas Aceh | 15 April 2019

Banda Aceh – Pemerintah Aceh sedang serius-seriusnya melakukan aksi mencegah stunting. Berbagai upaya lintas sektor telah dan akan dilakukan agar tumbuh kembang anak dari dalam kandungan sampai dengan 1000 hari pertama kehidupan

Sub-bagian Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Anak Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh, menggelar Forum Grop Diskusi yang melibatkan berbagai organisasi kesehatan, pkk, LSM serta dinas terkait lainnya. FGD itu, membahas bagaimana langkah pemerintah agar Gerakan Geunting yaitu upaya mencegah dan penanganan stunting yang telah dideklarasikan pemerintah Aceh berjalan secara konvergensi secara terpadu.

Hasilnya, lintas-sektor pemerintah terlibat aktif dengan berbagai program unggulan masing-masing. Dinas Perikanan punya program Gemar Makan Ikan, PKK sosialisasi Isi Piringku dan Dinas Pendidikan menggencarkan lomba sekolah sehat,” kata Dr. Rauyani, kasubbag di Biro Isra usai FGD di Hotel Grand Nanggroe, Senin 15/04.

Selain PKK dan dua dinas tadi, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh juga bisa mensupport bibit tumbuhan dan sayuran-sayuran kepada masyarakat, sehingga ibu dan anak secara tidak langsung mencintai makanan sehat. Nanti pada saatnya, Dinas kesehatan yang akan memberikan pelatihan tentang Proses Gizi Terstandar dan Pemberian Makan Bayi dan Anak.

Selain itu, di tingkat gampong, peran ayah melalui tokoh agama dan tokoh adat juga diminta tingkatkan. Para tokoh itu diminta mensosialisasikan program geunting pada ayah, sehingga ayah ikut berperan serta dalam parenting dalam mengasuh anak serta paham juga terkait gizi ibu dan anak.

“Program Geunting itu milik bersama. Jadi nantinya saat aksi dan sosialisasi, semua sektor harus turun membawa nama Geunting,” kata Nasrun Zaman, salah seorang peserta FGD.

Dalam waktu dekat, pihak yang terlibat dalam FGD itu akan menyusun buku saku terkait program Geunting. Buku itu berisi pedoman umum terkait stunting secara umum bagi lintas sektor dan masyarakat yang bisa dipakai semua lintas sektor.

Check Also

Dyah Erti Idawati, Menyambangi Lapas Perempuan Kelas IIB Sigli

PIDIE – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati, menyambangi lapas perempuan kelas …