Home / Aceh Besar / Darwati Lantik Ketua Dekranasda dan PKK Aceh Besar

Darwati Lantik Ketua Dekranasda dan PKK Aceh Besar

Humas Aceh | 10 Juli 2017

Jantho – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani melantik ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh Besar, Rahmah Mawardi di Gedung Institut Seni Budaya, Kabupaten Aceh Besar, (10/7/17).  Pelantikan tersebut dilaksanakan usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar di Gedung DPRK Aceh Besar.

“Semoga di bawah kepengurusan yang baru ini, PKK dan Dekranasda Aceh Besar dapat menunjukkan perannya dalam mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga di wilayah ini,” ujar Darwati dalam sambutannya usai pelantikan.

Darwati menjelaskan, Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) memiliki peran strategis dalam dinamika aktivitas sosial kemasyarakatan di negara kita, sebab keberadaan PKK dan Dekranasda mampu memberikan kontribusi dalam mendukung percepatan pembangunan, terutama dalam bidang pemberdayaan keluarga.

“Secara garis besar, kegiatan PKK ini tercantum dalam 10 program pokok yang kesemuanya itu merupakan landasan bagi pengabdian kader-kader PKK di semua lini. Program-program itu, antara lain menyentuh bidang pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan keluarga, kesehatan, dan sebagainya,” kata Darwati.

Darwati mengatakan, Gubernur Aceh, Irwandi  juga sangat mendukung berbabagi kegiatan PKK. “Kalau anda melihat dalam beberapa hari ini, di halaman sosial Pak Irwandi, beliau  mengajak seluruh masyarakat untuk membersihkan pekarangan rumah dan menanam tanaman dirumah masing masing, Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian beliau,” kata Darwati.

Darwati juga menyampaikan, Dekranasda juga perlu mendorong hasil kerajinan rakyat dari daerah agar mampu berbicara di tingkat global agar dapat berkotribusi bagi pembangunan daerah.

Oleh sebab itu kata Darwati, PKK dan Dekranasda mutlak harus siap menjalankan program yang berkualitas dan bermanfaat untuk rakyat sehingga eksistensi dan peran organisasi ini mendapatkan legitimasi kuat dari seluruh komponen pembangunan.

Pada kesempatan tersebut, Darwati juga mengajak Ketua Dekransda dan TP –PKK Aceh Besar agar dapat  dapat lebih bekerja keras dalam memasyarakatkan PKK dan Dekranasda sebagai gerakan dari arus bawah dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita harus bisa memperkuat dan mendukung gerakan–gerakan pembangunan kesejahteraan keluarga melalui karya dan program nyata,” ujar Darwati.

Sementara itu,  Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali dalam sambutannya menyampaikan, Dekranasda merupakan mitra Pemerintah dan memiliki peran mulia dalam memajukan perekonomian masyarakat.

Dekransada kata Mawardi, bertugas dalam membina perkembangan seni dan mejaga berbagai warisan budaya, keanekaragaman daerah yang bersifat lokal maupun nasional, menggali, dan melestarikan budaya bangsa.

 

Mawardi juga mengajak Dekranasda dan TP-PKK Aceh Besar untuk dapat memanfaatkan Teknologi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi kerajinan.

“Aceh Besar merupakan salah satu lumbung kerajinan Aceh, baik makanan khas maupun kerajinan tangan, ini merupakan tugas semua masyarakat Aceh Besar untuk dapat mewujudkan hasil yang maksimal dalam mengembangkan potensi daerah,” kata Mawardi.

Mawardi berharap, dibawah kepemimpinan Ketua Dekranasda yang baru, dapat mendorong industri kerajinan di Aceh besar dan memberikan dampak positif dalam perkembangan ekonomi masyarakat

Check Also

Pemerintah Aceh Peringati Hari Pahlawan

Banda Aceh– Pemerintah Aceh menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 di Lapangan Blang Padang Banda …