Home / Aceh Tengah / Darwati Lantik Ketua PKK dan Dekranasda Aceh Tengah

Darwati Lantik Ketua PKK dan Dekranasda Aceh Tengah

Humas Aceh |28 Des 2017

Takengon – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani melantik ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh Tengah Periode 2017-2022, Puan Ratna Binti Suwardi Wahab di Gedung Op Room, Takengon, Kamis, 28 Desember 2017.

Pelantikan tersebut dilaksanakan siang hari usai Gubernur Irwandi Yusuf melantik Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah pada paginya di Gedung Olah Seni, Takengon. “Selamat kepada Ibu Puan Ratna Binti Suwardi Wahab selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda yang baru. Semoga di bawah kepengurusan Ibu, PKK dan Dekranasda Aceh Tengah dapat menjalankan amanah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah ini,” ujar Darwati mengawali sambutannya pada pelantikan tersebut.

Darwati menjelaskan, PKK bertujuan untuk membantu program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah, khususnya dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan lahir dan batin.

Menurut Darwati, keluarga menjadi perhatian utama organisasi ini, sebab keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar bagi pembangunan bangsa.  “Itu sebabnya program-program PKK lebih fokus pada pembinaan keluarga sebagaimana tercantum dalam 10 (sepuluh) program pokoknya, baik itu  menyangkut pangan, sandang, perumahan, tata laksana rumah tangga, pendidikan, ketrampilan, kesehatan, dan lainnya,” katanya.

Melalui program-program tersebut, PKK diharapkan dapat pula mendorong kesejahteraan keluarga.  Darwati melanjutkan, kegiatan PKK ini sejalan dengan program pembinaan kerajinan rakyat yang banyak berkembang di berbagai daerah.

“Kita semua tahu, usaha kerajinan rakyat umumnya dikelola oleh sekumpulan keluarga dalam ikatan kebersamaan yang kuat. Karena itu ketua PKK selalu merangkap sebagai ketua Dekranasda.” Dengan bersinerginya kegiatan PKK dan Dekranasda, diharapan langkah-langkah meningkatkan pendapatan keluarga semakin menguat.

Selama beberapa tahun terakhir ini, lanjut Darwati, pihaknya menilai kegiatan PKK dan Dekranasda Kabupaten Aceh Tengah sudah berjalan sangat baik, terutama jika dilihat dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di daerah ini. Tim Penggerak PKK di wilayah ini dinilai cukup aktif dalam memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, menghidupkan kembali Posyandu, mengembangkan PAUD, dan sebagainya.

“Namun semua itu tidak lantas membuat kita berpuas diri. Berbagai capaian yang sudah berhasil diraih harus terus ditingkatkan ke depannya. Karena itu perlu upaya lebih gigih untuk menjalankan program-program pembinaan keluarga guna mendorong terciptanya keluarga sejahtera dan bahagia di daerah ini,” katanya.

Darwati juga mengatakan,  perlu ditingkatkannya produksi kerajinan rakyat yang banyak tumbuh di berbagai desa. Apalagi belum lama ini Pemerintah Aceh Tengah telah meluncurkan Pusat Promosi Kerajinan yang berlokasi di kompleks Terminal Paya Ilang Takengon.

Dengan kehadiran pusat promosi itu, masyarakat diharapkan akan lebih mudah mengenal dan membeli hasil kerajinan rakyat. Pada kesempatan itu Darwati juga meminta semua pihak untuk gencar mempromosikan berbagai hasil kerajinan masyarakat, baik melalui media sosial maupun dengan cara lainnya.

Check Also

Pemerintah Aceh Terima 20 Ton Bantuan Oksigen Cair Dari Kadin Indonesia

Banda Aceh – Pemerintah Aceh menerima bantuan 20 metrik ton liquid oxygen (oksigen cair) dari …