Home / Berita Terbaru / Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang Sumbang 44 Kantong Darah
Suasana pelaksanaan kegiatan donor darah yang digelar pada Dayah Perbatasan Manarul Islam Kecamatan Kejuruan Muda di Desa Seumadam, Aceh Tamiang, Rabu (19/1/2022).

Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang Sumbang 44 Kantong Darah

KUALA SIMPANG – Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang yang terletak di Desa Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan bakti sosial berupa aksi donor darah.

Menurut Rais ‘Am Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang Tgk Mustafa Abdussalamsyah M.Kom.I, kegiatan yang berlangsung, Rabu (19/01/2022) itu didukung oleh Unit Transfusi Darah RSUD Aceh Tamiang dan berhasil mendonorkan 44 kantong darah. “Kami juga berharap agar 44 kantong darah yang dibawa oleh petugas transfusi darah RSUD Aceh Tamiang dari dayah perbatasan Manarul islam hari ini dapat bermanfaat untuk pasien yang membutuhkan,” tutur Tgk Mustafa yang akrab disapa Tgk Mus yang juga seorang Da’i di Perbatasan Aceh ini.

Ditambahkan, donor darah merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyelamatkan nyawa manusia tetap atas izin Allah SWT tentunya. Karenanya tidak ada hal yang dirugikan dalam kegiatan ini, jika ikhlas melakukannya Insya Allah akan menjadi amal jariah untuk pendonor serta menjadi perantara untuk membantu keluarga dan pasien yang sangat membutuhkan. “Saya mengaku terharu melihat antusias para guru, staf dan santri yang secara sukarela mendonorkan darahnya untuk membantu orang lain, rasa empati mereka sangat tinggi, kami akan mengagendakan secara rutin selama tiga bulan sekali kegiatan ini,” imbuhnya lagi.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri S.Ag MH berterimakasih kepada keluarga besar Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang, ini menjadi bukti bahwa Dayah selalu membantu Ummat dalam segala dimensi. Baik dari segi kesehatan jiwa dengan menyirami Ummat dengan ilmu-ilmu agama namun juga membantu dari segi kesehatan fisik seperti kegiatan donor darah hari ini.

Selanjutnya Zahrol menyampaikan bahwa kegiatan donor darah tersebut merupakan tindak lanjut dari imbauan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, sebagai upaya mengatasi kekurangan stok darah di Rumah-rumah Sakit di Aceh atau di UTD lainnya. Untuk itu, pihaknya merespon cepat apalagi kegiatan ini sangat mulia. Maka kami menginstruksikan agar Dayah-dayah Perbatasan dan Dayah MUQ Pagar Air melakukan kegiatan Donor Darah secara rutin selama tiga bulan sekali. Kami juga berharap agar kegiatan donor darah ini dapat menginspirasi dayah-dayah lainnya yang ada di Aceh untuk ikut membuat kegiatan mulia ini, pungkasnya.

Selain itu, Kegiatan Donor Darah ini juga sudah rutin dilaksanakan di setiap Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), tak terkecuali Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang beberapa waktu lalu berhasil menyumbang 61 kantong darah. “Kami sangat bangga, ke depan Saya berharap agar lebih maksimal lagi dalam jumlah darah yang berhasil didonorkan,” demikian Zahrol.

Check Also

PPKM Mikro di Aceh Diperpanjang Hingga 6 Juni 2022

BANDA ACEH – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19 di Aceh diperpanjang hingga …