Home / Berita Terkini / Deah Raya Jadi Gampong Madani Kencana

Deah Raya Jadi Gampong Madani Kencana

Humas Aceh | 26 jan 2016

Banda Aceh – Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh terpilih sebagai pilot project program Gampong Madani Kencana di Aceh. Pilot project yang juga sering diistilahkan dengan program Gampong Keluarga Berencana (KB) ini diresmikan pagi tadi, Selasa (26/1), oleh Sekretaris Daerah (Sekda ) Aceh, Drs Dermawan, MM.

Sekda Dermawan, dalam sambutannya antaralain menjelaskan, program Gampong Madani ini merupakan pelaksanaan dari Program Nasional “Kampung KB” yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk. Untuk tahapan awal, harap Sekda, melalui gampong tersebut, program-program yang menyangkut dengan Keluarga Berencana tersosialisasi dengan baik.

Secara Nasional, Sekda, program ini telah diluncurkan oleh Presiden Jokowi di Cirebon, Jawa Barat, 14 Januari lalu. Program yang sama juga diluncurkan di tiap-tiap wilayah oleh Gubernur masing-masing. Untuk Aceh, lanjut Sekda, Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh adalah pilot project-nya. Dan seterusnya program ini akan dilaksanakan di tiap-tiap Kabupaten/Kota di Aceh.

“Di gampong Deah Raya akan dikembangkan program-program kependudukan dan kesehatan yang dilaksanakan bersama-sama secara lintas sektoral oleh Pemerintah Aceh dan juga masyarakat setempat untuk membangun keluarga yang sehat dan sejahtera”, papar Mantan Kepala LAN Aceh itu, dihadapan tokoh masyarakat Deah Raya.

Sekda Dermawan menambahkan, program yang akan dilaksanakan di gampong Madani Kencana diantaranya adalah bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, pemberdayaan ekonomi keluarga, pemantapan posyandu terintegrasi dan lain sebagainya. “Melalui program-program tersebut, kita berharap kehidupan mereka menjadi lebih baik sehingga terbangun keluarga harmonis dan sejahtera, dengan sistem pendidikander yang lebih baik bagi anak-anak di masa depan” ujarnya.

Sekda juga menghimbau, adanya koordinasi yang baik dalam implementasi program tersebut. “Saya minta para Bupati dan Walikota agar dapat mensosialisasikan Program Gampong Madani Kencana di daerah masing masing sebagaimana Surat Edaran Mendagri Nomor 440, tanggal 11 Januwaari 2016 tentang Pencanangan Kampung KB agar semangat Keluarga Berencana bergema dari gampong-gampong di daerah kita,” terang Sekda Aceh, Drs Dermawan MM.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin mengungkapkan, Pemerintah Kota Banda Aceh mengusulkan Gampong Madani Kencana sebagai nama dari program Gampong KB yang dicanangkan Pemerintah Pusat. “Nama Gampong Madani Kencana akan menjadi trending tersendiri untuk Aceh dan menjadi penyemangat serta motivasi khusus  bagi seluruh keluarga dan aparatur gampong di Aceh” jelasnya.

Politisi PAN itu juga mengakui, pentingnya program gampong KB dalam mewujudkan masyarakat Aceh yang sejahtera. Menurutnya, program tersebut merupakan salah satu langkah untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, mengendalikan kualitas dan kuantitas penduduk serta mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera “Kami yakin keberhasilan program ini nantinya akan menjadi pondasi bagi pembangunan yang merata dan terarah disetiap daerah,” pungkasnya. []

Check Also

Virus Corona Bukan Hoax, Semua Siaga Tangkal Laju Transmisinya

Banda Aceh—Ada banyak informasi palsu (hoax) di seputar virus corona yang beredar masif di tengah …