Home / Berita Terkini / Di Rikit Gaib, Nova Tinjau Perusahan Pengolahan Getah Pinus

Di Rikit Gaib, Nova Tinjau Perusahan Pengolahan Getah Pinus

Humas Aceh | 2 April 2019 

Gayo Lues : Sebelum bertolak ke Aceh Tengah, Plt Gubernur dan rombongan singgah ke perusahaan pengolahan getah pinus, PT Kencana Hijau Binalestari, yang berada di Desa Pinang Rugub Kecamatan Rikit Gaib. Di lokasi tersebut, Plt Gubernur  dan rombongan mendapatkan berbagai penjelasan terkait pengolahan getah pinus.

Meski memiliki Kapasitas pengolahan hingga 60 ton perhari, namun karena keterbatasan bahan baku, PT KHBL hanya mampu menghasilkan 20 hingga 30 ton olahan getah pinus. Sebagaimana diketahui, getah pinus akan diolah menjadi terpentin, yaitu bahan dasar pembuatan cat, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Total konsesi lahan PY KHBL mencapai 57 ribu hektar, namun yang dimanfaatkan baru seluas 19 ribu hektar saja. Kepada awak media, Nova menegaskan bahwa Aceh sangat membuka diri untuk dunia investasi di Aceh.

“Pemerintah Aceh sangat terbuka untuk investasi, karena kehadiran investor akan membuka lapangan kerja baru dan menambah Pendapatan Asli Aceh. Selain itu, keberadaan perusahaan ini diharapkan dapat menimbulkan kesadaran kita tentang pentingnya melakukan peremajaan hutan pinus,” kata Plt Gubernur.

Nova mengungkapkan, ketersediaan bahan baku getah pinus di Aceh tidak memiliki kendala atau masalah. Namun justru proses tata niaga yang bermasalah.

“Bahan baku tidak kurang, namun tata niaganya ada yang tidak jelas, ada pihak yang menjual langsung ke medan, padahal jika kita lihat harganya cenderung sama. Saat ini kita sedang pelajari, regulasi apa yang bisa kita rumuskan untuk menanggulangi permasalahan ini.

Check Also

[Video] Singkil BEREH : Kantor Camat terbaik ada di Singkil

[Video] Singkil BEREH : Kantor Camat terbaik ada di Singkil