Home / Berita Terbaru / Donor Darah ASN, Aksi Nyata Gerakan Kemanusiaan
Ketua Dharma Wanita Persatuan Aceh, Safrida Yuliani, saat melakukan donor darah di PMI Kota Banda Aceh, Senin, (15/6/2020).

Donor Darah ASN, Aksi Nyata Gerakan Kemanusiaan

Sudah 1.128 Kantong Darah Dikumpulkan dari ASN Pemerintah Aceh

Banda Aceh – Ketua Palang Merah Indonesia Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni, menegaskan bahwa gerakan donor darah Aparatur Sipil Negara di jajaran Pemerintah Aceh, yang diinisiasi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, merupakan suatu aksi nyata sebuah gerakan kemanusiaan.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Qamaruzzaman Haqni, saat menyampaikan jumlah sementara darah yang telah dikumpulkan oleh ASN Pemerintah Aceh, Senin (15/6/2020).

“PMI Kota Banda Aceh sangat berterima kasih kepada Bapak Plt Gubernur Aceh, atas gerakan kemanusiaan yang luar biasa ini. Ini merupakan sejarah baru. Sebuah gerakan yang massif dilakukan di semua instansi Pemerintah Aceh. Masyarakat yang membutuhkan darah sangat terbantu karena sumbangan sukarela dari para ASN ini membuat stok darah selalu tersedia. Ini merupakan aksi nyata di area emergency kemanusiaan,” ujar Qamaruzzaman.

Qamaruzzaman menambahkan, hingga sore ini, ASN Pemerintah Aceh sudah mengumpulkan darah sebanyak 1.228 kantong. Hari ini, ada 2 Satuan Kerja Perangkat Aceh yang mendapat giliran donor darah, yaitu Dinas Pangan sebanyak 29 kantong dan Badan Reintegrasi Aceh sebanyak 11 kantong.

“Hari ini Ketua Dharma Wanita Persatuan Aceh, Ibu Safrida Yuliani dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh Pak Mounty Syurga dan sejumlah pengurus DWP lainnya, datang langsung ke PMI banda Aceh untuk mendonorkan darah. Bagi Ketua DWP, ini merupakan pengalaman donor darah pertama,” ungkap Qamaruzzaman.

“Alhamdulillah lega dan puas rasanya telah sukses mendonorkan darah. Sebelumnya ada rasa takut. Namun setelah pengalaman pertama ini, saya justru ingin datang dan mendonorkan darah lagi. Insya Allah 2 bulan ke depan saya akan datang dan mendonorkan darah lagi. Semoga bermanfaat untuk pasien yang membutuhkan. Saya siap siaga untuk menjadi pendonor tetap bagi pasien thalassemia,” ujar Istri Sekda Aceh itu.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, berharap seribuan kantong darah yang berhasil dikumpulkan oleh ASN Pemerintah Aceh ini menjadi kado manis bagi peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang kemarin (14/6) di peringati.

“Semoga 1.228 kantong darah yang terkumpul hingga saat ini menjadi kado manis pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia. Jumlah ini masih akan terus bertambah karena masih banyak SKPA yang menunggu giliran donor darah dari PMI Banda Aceh. Semoga inisiasi pimpinan Pemerintah Aceh ini menginspirasi masyarakat untuk secara sukarela mendonorkan darah, sehingga stok darah PMI bisa selalu tercukupi dan masyarakat yang membutuhkan merasa terbantu,” ujar Iswanto.[]

Check Also

Kadisdik Aceh: Standar Mutu Pendidikan Tak Bisa Diukur dari Besaran TPS Semata

Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Aceh Rachmat Fitri mengatakan standar mutu pendidikan di Indonesia …