Home / Berita Terkini / Dua Napi di LP Abdya Kabur

Dua Napi di LP Abdya Kabur

Humas Aceh | 27 Jan 2016

ACEH BARAT DAYA, Sedikitnya dua orang tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas III Blangpidie di Desa Alue Dama, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa 26 Januari 2016 sekira pukul 03:00 dini hari dilaporkan telah melarikan diri.

Informasi yang didapatkan Lintasnasional.com, kedua narapidana (napi) tersebut melarikan diri dengan cara memanjat tembok lapas setinggi 6 meter dengan mengunakan tali nilon berwarna hijau dan dua ikat tali plastic berwarna putih,Hingga saat ini tahanan yang melarikan diri itu belum ditemukan.

Hal itu dibenarkan Kepala Lapas Kelas III Blangpidie Bahtiar Sitepu SH.MH yang dikonfirmasi sejumlah insan pers, Selasa 26 Januari 2016 siang tadi. Ia mengatakan bahwa, dari 31 orang napi penghuni lapas tersebut, dua di antaranya sudah melarikan diri.

“Kedua narapidana yang kabur itu adalah Sabran Bin Bustami warga desa Gampong Dorok Nauli Kecamatan Babul Rahman Kabupaten Aceh Tenggara yang telah melanggar pasal 363 Ayat (1) KUHP tentang Pencurian dengan masa kurungan 3 Tahun dan Mukhlis Sardi Bin Khairuddin warga desa Seuneubot Kecamatan Trumon Timur  Kabupaten Aceh Selatan, ia di jerat dengan Kasus Pencurian dan Kekerasan dan di Jerat dangan pasal 363 Ayat (2) KUHP tentang Pencurian dengan masa kurungan 4 tahun 8 bulan,” sebutnya.

Bahtiar menambahkan, hingga saat ini pihaknya sudah melakukan kontak dengan kapolres Abdya, Kapolres Aceh Selatan dan Kapolres Aceh Barat terkait kaburnya dua napi di lapas tersebut.

Namun sayangnya, ketika awak media menyinggung tentang adanya keterlibatan petugas lapas dengan insiden kaburnya dua napi itu, Bahtiar mengatakan sedang kami dalami.

Sementara itu Kepala Keamanan dan Ketertiban Lapas Rico.ST menjelaskan kedua napi yang kabur itu merupakan orang  yang dekat dengan petugas.

“Mereka sangat loyal dan patuh. sebelum kabur tidak ada tanda-tanda mencurigakan dari gerak-gerik pelaku namun sekitar jam 3.00 pagi kami 16 Pegawai lapas kaget setelah mengetahui dia dan rekannya kabur dari lapas,” terangnya.

Sumber : www.lintasnasional.com

Check Also

Nova Iriansyah Hadiri Rakornas Forkopimda di Bogor

Bogor–Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Pusat …