Home / Sport / Dua Pelatih Belanda Berebut Peringkat Ketiga

Dua Pelatih Belanda Berebut Peringkat Ketiga

Banda Aceh, 12/08/2014 | Humas Aceh

Southampton, — Perang dua pelatih Belanda akan menutup pekan ke-15 Liga Primer Inggris yang akan berlangsung pada Selasa (9/12) pukul 03.00 WIB. Louis van Gaal, 63, yang mengemudikan taktik Manchester United akan membawa timnya melawat ke kandang Southampton yang dikendalikan Roenald Koeman, 51.

Itu akan menjadi babak sejarah baru sebagai persaingan pertama antara dua pelatih Belanda dalam pertandingan di ajang kompetisi mayor Inggris. Skuat Van Gaal datang ke Stadion St Mary dengan kepercayaan diri tinggi. Pasalnya klub dengan julukan Setan Merah itu belum pernah kalah sejak awal November lalu.

Di sisi lain, ManUtd justru selalu memenangkan empat laga terakhir–termasuk atas Arsenal di Stadion Emirates, 23/11/2014.

Sementara itu Southampton yang menggebrak selama hampir setengah musim itu justru melempem di dua pertandingan terakhir melawan tim besar, Manchester City dan Arsenal.

Klub yang memiliki rekor kebobolan paling sedikit di Liga Primer Inggris itu selalu kalah dalam dua pertandingan terakhir.

Posisinya di klasemen Liga Inggris pun disalip West Ham yang memenangkan laga pekan ke-15 melawan Swansea 3-1 pada akhir pekan kemarin. Jika kalah dari ManUtd, Southampton akan terjun ke peringkat keenam.

Sementara rival akan naik ke peringkat ketiga. Pasalnya, saat ini ManUtd berada di peringkat kelima dengan poin 25 dan Southampton di peringkat keempat mengoleksi 26 poin. Di peringkat ketiga sementara ini adalah West Ham yang mengumpulkan 27 poin.

Terbalik

Situasi yang berbanding terbalik pun menghinggapi kesiapan skuat yang akan diturunkan ke lapangan. Southampton sedang bermasalah dengan kelengkapan pemain inti. Klub itu harus kehilangan tujuh pemain inti.

Hanya bek sentral Toby Alderweird yang masih berpeluang untuk dimainkan setelah mengalami masalah hamstring. 

Atas dasar itu, Koeman mengatakan dirinya berpeluang memasukkan pemain junior ke dalam daftar yang dipersiapkan menghadapi ManUtd pada dini hari nanti.

“Ini akan memberi kesempatan kepada pemain muda,” ujar Koeman seperti dilansir situs Southampton, “Kami akan menempatkan pemain muda yang memiliki perkembangan bagus dalam dua sesi latihan terakhir. Ada kemungkinan kami akan memiliki lebih dari satu pemain U-21 di bangku cadangan.”

Di ujung tombak, Koeman masih mengandalkan penyerang gaek Italia Graziano Pelle. Namun, Pelle yang pernah bermain di bawah Louis van Gaal selama dua musim di AZ Alkmaar (2007-2011) itu belum lagi mencetak gol sejak pesta gol ke gawang Sunderland pada pekan ke delapan.

Baca: Kesan Pelle atas Van Gaal

Kabar baik disampaikan Koeman pada jumpa pers prapertandingan di St Mary kemarin. Pelatih yang sempat bekerja sama Van Gaal di Ajax Amsterdam itu mengabarkan Dusan Tadic berpeluang juga turun karena tes fisiknya bagus.

Tadic akan menyisir di sayap kiri sementara Shane Long di sayap kanan. Pelle juga bukan berarti mandul tanpa upaya. Penyerang jangkung berusia 29 tahun itu masih gencar mengincar gawang lawan–termasuk dalam dua laga terakhir yang berujung kekalahan.

Saat bertandang ke Arsenal, Pelle melepas tiga tembakan ke gawang. Sementara pada saat menjamu City ia melepas dua tembakan.

Adapun di kubu Setan Merah, Van Gaal mendapat konfirmasi bisa memainkan kapten Wayne Rooney setelah mengalami cedera lutut ketika melawan Stoke City.

Baca: Masa Lalu Van Gaal dan Koeman

Van Gaal akan memadukannya bersama Van Persie. Adapun Radamel Falcao kemungkinan akan dicadangkan dan diganti sementara oleh Ander Herrera.

“Falcao hanya fit bermain selama 20 menit,” kata Van Gaal seperti dikutip BBC.

Di samping itu, bek sentral Jonny Evans juga sudah fit untuk dimainkan. Walaupun begitu, Van Gaal sepertinya tetap memainkan kuartet bek Valencia, Smalling, Rojo, dan Young.

“Semua orang sedang berada di arah yang benar dan perasaan baik (di ruang ganti) dan kami akan membawa itu untuk melawan Southampton,” ujar Young yang kerap dimainkan sebagai bek sayap kiri.

Sementara itu di lini tengah, Juan Mata berpeluang menjadi skuat inti. Ia akan berpadu kombinasi bersama Marouane Fellaini yang kembali mendapat sentuhannya di lini tengah. Kedua pemain yang baru dibeli ManUtd musim lalu itu akan ditemani Michael Carrick.

Sumber : Cnnindonesia.com

Check Also

Tim Voli Aceh Rebut Piala SBY

Bogor – Tim Bola Voli Rencong Aceh berhasil merebut juara pertama pada Turnamen Voli Lavani …