Home / Berita Terkini / Dubes RI Canberra Apresiasi Pemerintah Aceh

Dubes RI Canberra Apresiasi Pemerintah Aceh

Canberra – Duta Besar RI untuk Australia Y. Kristiarto S. Legowo berterima kasih serta mengapresiasi keikutsertaan Pemerintah Aceh dalam Festival Indonesia 2019 di Canberra Australia, yang berhasil memukau ribuan pengunjung dan menjadi pusat perhatian pada ajang budaya, promosi wisata dan kesenian tahunan itu.

Apresiasi disampaikan Dubes RI untuk Australia melalui surat nomor: 2285/KEPPRI/11/2019/02 yang dikirimkan kepada Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Atas nama segenap Keluarga Besar KBRI Canberra, kami selaku Duta Besar RI menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi, dukungan dan bantuan Pemerintah Provinsi Aceh dalam penyelenggaraan Festival Indonesia 2019 di Canberra Australia, pada tanggal 16 November 2019,” ujar Duta Besar RI untuk Australia Y. Kristiarto S. Legowo dalam suratnya.

Kehadiran Tim Kesenian Provinsi Aceh, lanjut Kristiarto, tidak hanya berhasil menyemarakkan, namun juga telah memberikan warna tersendiri yang khas serta menjadi highlight yang berhasil mengundang apresiasi sekitar 6.000 pengunjung baik dari publik Australia maupun masyarakat dan diaspora Indonesia. “Selain itu, display produk, karya seni dan budaya Aceh pada Festival Indonesia 2019 juga padat dikunjungi masyarakat asing,” kata Kristiarto.

Festival Indonesia merupakan salah satu kegiatan utama KBRI Canberra untuk mendorong peningkatan people to people link and contact antara Indonesia dan Australia, serta mempromosikan kebudayaan dan kuliner Indonesia sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Australia terhadap Indonesia. Selain itu kegiatan festival dan promosi itu juga diharapkan dapat mendorong peningkatan arus wisatawan Australia ke Indonesia.

“Kami berharap kerjasama yang baik antara KBRI Canberra dengan Pemerintah Aceh dapat senantiasa terjalin dan ditingkatkan di masa mendatang,” ujar Kristiarto.

Hasil Kunker ke Australia

Keberhasilan Aceh memperkenalkan seni dan budaya pada acara tersebut tak terlepas dari usaha keras dan dukungan Pemerintah. Bahkan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat itu mengutus Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, T. Ahmad Dadek, untuk memantau langsung keikutsertaan tim Aceh di ajang tersebut.

Pada kegiatan itu, Aceh berhasil merebut perhatian ribuan pengunjung melalui Tarian Saman, Seudati dan Rapai Geleng. Selain itu, ragam hasil UKM dan produk lokal, seperti tas, kopi, hingga minyak serai juga cukup diminati para pengunjung. Selain itu, promosi wisata yang dilakukan secara langsung di lokasi festival juga mendapat respon positif pengunjung. []

Check Also

Plt Gubernur: Sertifikasi Halal Mendukung Program Wisata Halal

Banda Aceh – Sertifikasi halal merupakan salah satu instrumen penting untuk mendukung program wisata halal …