Home / Berita Terkini / Dyah Erti Bersama Bhayangkari Polda Aceh Pantau Tol Sibanceh Naik Sepeda
Istri Plt Gubernur Aceh Dyah Erti Idawati, bersama istri Kapolda Aceh Winta Wahyu Widada, melakukan uji coba pelintasan tol Sibanceh di Seksi 4, Blang Bintang-Indrapuri dengan menggunakan sepeda, Aceh Besar, Minggu (14/6/2020).

Dyah Erti Bersama Bhayangkari Polda Aceh Pantau Tol Sibanceh Naik Sepeda

Aceh Besar – Istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati bersama Bhayangkari Polda Aceh memantau kondisi tol Sibanceh di Seksi 4 Blang Bintang- Indrapuri dengan menggunakan sepeda, Minggu 14/06 pagi.

Dyah mengatakan, pembangunan jalan di seksi 4 sepanjang 18 kilometer yang telah ia lewati sangat nyaman dilalui. Ia berharap, seksi 4 bisa segera dibuka untuk umum seiring selesainya pembangunan beberapa seksi lain.

“Memantau dengan naik sepeda bisa melihat setiap detail konstruksi dan rambu-rambu lalu lintas yang sudah dipasang,” ujar Dyah sambil menyeka keringat.

Dyah menuturkan, jika sudah selesai rute di lima seksi dari Baitussalam ke Padang Tiji, insya Allah waktu tempuh masyarakat akan makin singkat.

Bila sudah terhubung hingga ke Medan, Sumatera Utara, insya Allah lalu lintas barang dari dan ke Aceh juga akan semakin cepat dan lancar, katanya.

Sebagaimana diberitakan selama ini, pembangunan jalan tol Banda Aceh – Sigli terbagi dalam enam seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25,2 kilometer, Seksi 2 Seulimeum-Jantho 6,1 kilometer, dan Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 kilometer. Selanjutnya adalah Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 14,7 kilometer, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 kilometer, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 kilometer.

Tol Sigli-Banda Aceh dengan panjang 74 kilometer tersebut akan menghubungkan Kota Banda Aceh dan Kabupaten Sigli. Kehadiran tol tersebut diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya menjadi sekitar 1 jam perjalanan, yang awalnya memakan waktu 2 sampai 3 jam.

Sementara itu, secara keseluruhan Tol Trans Sumatera akan membentang sepanjang 2.900 kilometer lebih. Sepanjang 460 kilometer di antaranya telah dioperasikan, sementara 490 kilometer lainnya masih dalam tahap konstruksi. Sisanya, sepanjang 740 kilometer tengah dilelang pemerintah. Diharapkan pada 2024 jalan tersebut tersambung sepenuhnya. []

Check Also

Plt Gubernur Aceh: Segera Cairkan Insentif Tenaga Medis

°Dana BOK sudah ditransfer ke kabupaten/kota Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, …