Home / Berita Terkini / Dyah Erti: Siswa SMK N 1 Masjid Raya, Pelopor Industri Kreatif Muda

Dyah Erti: Siswa SMK N 1 Masjid Raya, Pelopor Industri Kreatif Muda

Humas Aceh| 01 Des 2018

Aceh Besar – Wakil Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati, mengapresiasi kreativitas siswa-siswi SMK Negeri 1 Masjid Raya sebagai pelopor pelaku industri kreatif muda. Stigma bahwa industri kreatif dan para pengrajin identik dengan kaum Nyak-nyak atau para lansia, berhasil dihapus oleh siswa-siswi SMK N 1 Masjid Raya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dyah Erti, dalam sambutan singkatnya sesaat sebelum meresmikan Galery Smike Creative Technopark SMK N 1 Masjid Raya, di kawasan Neuheun, Aceh Besar, Sabtu (1/12/2018) pagi.

“Biasanya pelaku atau pengrajin di Aceh itu para orangtua atau lanjut usia. Hari ini, siswa-siswi SMK Masjid Raya berhasil menghapus stigma itu. Siswa-siswi di sini merupakan pelopor pelaku industri kreatif muda di Aceh. Melihat kreativitas para siswa, tentu 100 persen saya dukung dan siap membantu mempromosikan hasil kerajinan para siswa dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Dekranas Aceh,” ujar Dyah Erti.

Dalam kesempatan tersebut, Dyah Erti juga berpesan agar kerajinan yang dihasilkan para siswa harus memiliki kualitas yang baik agar mampu bersiang dengan produk lain.

“Para guru memiliki tugas untuk membimbing para siswa, agar menghasilkan produk berkualitas yang mampu bersaing dengan produk lain, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” imbau wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua TP PKK Aceh itu.

Dosen Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Unsyiah itu meyakini, Rahmah Abdullah selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Besar mampu membimbing siswa SMKN 1 Masjid Raya menjadi lebih kreatif. Berbagai prestasi Dekranasda Aceh Besar dalam setahun terakhir telah membuktikan sentuhan tangan dingin Rahmah Abdullah dalam membimbing dan membina para perajin di Aceh Besar.

“Saya yakin dengan pembinaan dan bimbingan dari Ibu Rahmah, kreativitas para siswa akan semakin terasah. Tangan dingin Ibu Rahmah sudah terbukti dalam berbagai kegiatan Dekranasda Aceh. Prestasi terakhir adalah keberhasilan Dekranasda Aceh Besar meraih predikat sebagai produk terkreatif pada Pameran di Rakerda Dekranasda Aceh beberapa waktu lalu di Aceh Timur,” ungkap Dyah Erti.

Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati di dampingi Ketua Dekranasda Aceh Besar dan Kepala Sekolah SMKN 1 Aceh Besar, memotong pita pada Launching Technopark Production SMK 1 Mesjid Raya Aceh Besar.di SMKN 1 Aceh Besar, 01/12/2018

Menurut Dyah, ragam kreativitas yang ditunjukkan para siswa mulai dari produk kreatif batik, tekstil, kayu, logam, rotan dan kayu sangat sejalan dengan program Pemerintah Aceh, yaitu Aceh Kaya dan Aceh Kreatif.

“Saya yakin siswa SMKN 1 melalui galeri technopark ini mampu membawa pengaruh positif industri kreasi Aceh Besar dan Aceh secara lebih luas. Industri kreasi berkaitan dengan pengembangan industri pariwisata. Ini tentu satu kesatuan yang mampu mendongkrak potensi ekonomi Aceh ke arah yang lebih baik lagi. Inilah kelebihan yang dimiliki para siswa SMK, tentunya dengan tidak terlepas dari bimbingan para guru.”

Sementara itu, Ketua Dekranasda Aceh Besar, dalam sambutannya berharap agar Batik tulis hasil karya siswa-siswi SMKN 1 menjadi seragam Dekranasda Aceh.

“Kami bercita-cita agar Batik tulis SMKN 1 Masjid Raya bisa menjadi salah satu seragam Dekranasda Aceh karena batik tulis masih jarang di Aceh,” ujar Rahmah Abdullah.

Usai memberikan sambutan, Dyah Erti didampingi Ketua Dekranasda Aceh Besar dan Kepala Sekolah SMK N 1 Masjid Raya melakukan penandatanganan Prasasti dan menggunting pita, tanda beroperasinya Galery Smike Creative Technopark SMK Negeri 1 Masjid Raya.

Check Also

2020, Walkot Harapkan LKMS Mahirah Muamalah Bisa Mandiri

Humas Aceh | 14 Juni 2019 Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman …