Home / Berita Terkini / Dyah: Imbauan Penggunaan Produk IKM Peluang Makmurkan Perajin

Dyah: Imbauan Penggunaan Produk IKM Peluang Makmurkan Perajin

Pidie – Pelaksana Tugas Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati mengimbau pengurus Dekranasda seluruh kabupaten dan kota se Aceh untuk memanfaatkan peluang atas imbauan Plt Gubernur yang mengarahkan semua masyarakat untuk menggunakan produk hasil industri kecil dan menengah (IKM) lokal.

“Kita semua untuk memanfaatkan sebaik-baiknya peluang tersebut dengan berinovasi dan berkarya lebih kreatif untuk menciptakan kriya-kriya unggulan terbaik,” kata Dyah saat penutupan Rakerda Dekranasda Aceh di Auditorium Pidie Convention Center, Rabu 27/11.

Dengan kriya unggulan perajin, Dekranasda menjanjikan akan mempromosikan karya tersebut hingga ke tingkat nasional dan internasional, sehingga pasar semakin terbuka. Salah satu ruang untuk promosi kerajinan unggulan itu adalah event INACRAFT, kegiatan pameran kelas dunia yang akan memamerkan karya anak bangsa dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Pada penyelenggaraan INACRAFT tahun 2020 mendatang, produk kerajinan Aceh akan menjadi icon. Artinya, kerajinan dari Aceh akan mendapat tempat istimewa pada pameran itu,” kata Dyah. Peluang dari kegiatan tersebut haruslah dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga promosi dan perluasan pasar kerajinan Aceh dapat dingkatkan.

Puji Tuan Rumah Pidie

Dyah Erti Idawati memuji tuan rumah Pidie yang telah sukses menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah Dekranasda Aceh. “Dari beberapa kali kita melaksanakan Rakerda di berbagai daerah, boleh dikatakan kegiatan yang kita laksanakan di Kabupaten Pidie ini cukup istimewa,” kata dia.

Selain berlangsung dalam suasana yang sejuk dan tenang, kegiatan tersebut diakui Dyah mendapat sambutan luas dari masyarakat. Suasana itu sangat mendukung lahirnya pemikiran yang cerdas dalam perumusan agenda kerja Dekranasda Aceh ke depan.

Selama Rakerda berlangsung, pihak panitia telah menyusun konsep kerja yang akan menjadi acuan dalam menjalankan kerja. Pihak panitia juga telah melakukan evaluasi terhadap kerja-kerja Dekranasda sebelumnya.

“Secara umum, dapat kami katakan bahwa semua kegiatan ini berjalan dengan sukses. Beberapa rumusan untuk pengembangan kerajinan rakyat juga telah dapat kita sepakati bersama. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” kata Dyah.

Dyah berharap keberhasilan menyelenggarakan Rakerda bisa menjadi motivasi dalam meningkatkan sinergi dan kerja sama untuk mendorong pengembangan kerajinan rakyat Aceh.

Di antara catatan selama Rakerda berlangsung adalah perlunya langkah untuk melakukan pembinaan terhadap sentra-sentra kerajinan di pedesaan. Hal itu sangat penting demi peningkatan skill bagi para pekerja. Selain itu pengurus Dekranasda Kabupaten dan Kota perlu mensosialisasikan teknologi kepada perajin agar bisa menjangkau pasar yang lebih mudah dan luas.

“Kita juga harus jeli melihat peluang kerajinan rakyat dalam mendorong suksesnya program pariwisata Aceh. Beberapa catatan lain juga akan menjadi perhatian kita ke depan,” kata Dyah.

Sementara itu, Bupati Pidie, Roni Ahmad, berterimakasih atas kepercayaan Dekranasda Aceh yang telah memberikan kepercayaan pada Kabupaten Pidie, untuk menjadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut.

Bupati Pidie berharap hasil Rakerda itu bisa menjadi menjadi acuan pada pelaksanaan program kerja Dekranasda. “Semoga saja Dekranasda Aceh dan kabupaten/kota se Aceh bisa terus bersinergi dalam membina para perajin,” kata Abuchik, sapaan Roni Ahmad. Bupati Pidie kemudian menutup acara tersebut secara resmi. Untuk Rakerda Dekranasda tahun depan dijadwalkan akan dilangsungkan di Calang Aceh Jaya.

Dalam kegiatan Rakerda, panitia juga menyelenggarakan aneka lomba. Tujuannya adalah memacu para perajin agar lebih kreatif dan inovatif.

Berikut pemenang dalam rangkaian lomba Rakerda Dekranasda tahun 2019:

– Katagori Desa Kerajinan
1. Desa Ulee Nyeu, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara
2. Gampong Tunong, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe
3. Desa Panton, Kecamatan Blang Mangat, Aceh Jaya
Juara Harapan
1. Desa Alue Dua Muka O, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur
2. Gampong Cot, Kecamatan Samatiga Kab Aceh Barat
3. Desa Miruk Taman, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar
Katagori Favorit
1. Gampong Teungeh Kacamatan Maet, Aceh Barat Daya

– Stand Terbaik
1. Kab Aceh Selatan
2. Kab Aceh Besar
3. Kab Bener Meriah
Juara Harapan
1. Kab Aceh Tengah
2. Kab Aceh Barat Daya
3. Kab Aceh Jaya
– Laporan Terbaik Ketua Dekranasda
1. Kab Aceh Tengah
2. Kota Banda Aceh
3. Kota Lhokseumawe
Juara Harapan
1. Aceh Jaya
2. Aceh Selatan
3. Kota Langsa

– Lomba kerajinan unggulan terbaik
1. Aceh Besar
2. Aceh Tengah
3. Pidie
Juara Harapan
1. Bireuen
2. Aceh Timur
3. Siemeulue

– Lomba Makanan Unggulan Terbaik
1. Kota Subulusalam
2. Langsa
3. Aceh Singkil
Juara Harapan
1. Aceh Tamiang
2. Aceh Tenggara
3. Aceh Selatan

– Lomba Busana Entik Daerah
1. Pidie
2. Aceh Tengah
3. Aceh Jaya
Juara Harapan
1. Aceh Besar
2. Aceh Singkil
3. Kota Lhokseumawe
Juara Favorit
Kabupaten Pidie Jaya

– Lomba Produk Kerajinan Inovatif
1. Aceh Selatan
2. Pidie
3. Aceh Timur
Juara Harapan
1. Bireuen
2. Kota Sabang
3. Aceh Barat

– Desain Kreatif
1. Kota Subulussalam
2. Benar Meriah
3. Aceh Utara
Juara Harapan
1. Gayo Lues
2. Nagan Raya
3. Aceh Barat Daya

Check Also

Plt Gubernur: Sertifikasi Halal Mendukung Program Wisata Halal

Banda Aceh – Sertifikasi halal merupakan salah satu instrumen penting untuk mendukung program wisata halal …