Home / Sport / Elga Kharisma, Jagoan BMX Indonesia

Elga Kharisma, Jagoan BMX Indonesia

Banda Aceh, 09/16/2014 | Humas Aceh

Jakarta – Setahap demi setahap mimpi Elga Kharisa Novenda di balap sepeda menjadi kenyataan. Sukses di level Asia Tenggara, arek Malang itu kini membidik emas Asian Games.

Balap sepeda memang sudah akrab dengan Elga sejak masih bocah. Kedua orangtuanya, Bambang irianto dan Eny Khusnul Chotimah, aktif sebagai official setiap kali ada kejuaraan balap sepeda di Malang.

Paman Elga, Sugeng Trihartono, juga kental dengan balap sepeda, khususnya nomor BMX. Sugeng adalah mantan pebalap nasional BMX yang kini jadi pelatih. Paman Elga lainnya, Mohamad Handik, juga pebalap nasional tapi bukan nomor BMX.

Dari sering melihat, kemudian Elga coba-coba. Eh, dia jadi ketagihan. Kedua orang tuanya pun mendukung dengan mengikutsertakan dalam kejuaraan yang ada di Malang. Baru sekali tampil, Elga langsung juara. Dia pun semakin getol latihan dan ikut kejuaraan. Orang tua juga senang.

Kesempatan mengasah kemampuan datang pada 2011. Elga mendapatkan beasiswa ke markas UCI (Uni Sepeda Internasional), Swiss. Dia terbang bersama pebalap muda Indonesia lainnya, Toni Syarifudin (Malang) dan Atmadi Puguh (DKI Jakarta).

Elga menjalani latihan itu dengan gembira. Padahal kala itu dia belum lancar benar bahasa Inggris. Beruntung dua rekan lainnya sama-sama ‘tak punya malu’ mempraktekkan bahasa itu sehari-hari. Tak cuma bercakap-cakap tapi juga di media sosial, mereka cuek saja meski penulisan atau susunannya kacau.

Eh, pulang-pulang Elga dihadapkan SEA Games di Indonesia. Dia diminta mencetak emas dari nomor BMX. Perempuan berusia 21 tahun itu menjawab dengan naik podium tertinggi di BMX putri. Setahun kemudian, Elga juga tampil oke di PON 2012 di Riau. Pada SEA Games Myanmar Elga kembali meraih emas

Sumber : Detik.com

Check Also

Plt Gubernur: Kejurnas Catur Ajang Ujicoba PON 

Humas Aceh | 11 Okt 2018 Banda Aceh — Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, …