Home / Aceh Barat / Gubernur: Aceh Barat Punya Banyak Potensi

Gubernur: Aceh Barat Punya Banyak Potensi

Humas Aceh | 6 Mar 2016

Meulaboh – Gubernur Aceh, H. Zaini Abdullah menyebutkan, Aceh Barat punya berbagai potensi besar yang dapat dikembangkan. Pemerintah, kata gubernur, akan membantu sepenuhnya Pemerintah Daerah Aceh Barat untuk memajukan potensi daerah tersebut.

“Banyak potensi di Aceh Barat baik itu sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan,” kata Gubernur Zaini saat menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW, di Masjid Agung Meulaboh, Sabtu (05/03).

Untuk sektor pertambangan, kata Gubernur Zaini, pemerintah telah melakukan moratorium untuk mencegah pertambangan illegal yang sangat berbahaya dan hanya menguntungkan pihak pihak tertentu.

“Kita ingin agar hasil tambang di Aceh nanti dapat kita ambil dan kita olah sendiri sehingga memiliki nilai jual yang tinggi,” kata Zaini. “Kita tidak ingin menjual bahan baku, tapi kita harus dapat menjual bahan sudah jadi,” lanjutnya.

Gubernur Zaini berharap, masyarakat agar bersabar karna untuk mewujudkan semua itu membutuhkan waktu yang lama. Ia mencontohkan pemerintahan Swedia yang dulunya juga melakukan moratorium pertambangan, kini negara skandinavia itu mampu memproduksi hasil pertambangan yang berkualitas dan bernilai tinggi.

Selain itu, Zaini Abdullah mengatakan Pemerintah Aceh akan terus berusaha membenahi infrastuktur di berbagai wilayah di Aceh. “Kita akan terus mendorong pemerintah pusat untuk membangun jalan tol di Aceh, bagitu juga dengan pembangunan kereta api, ” ujar Zaini Abdullah

Pemerintah Aceh juga juga meminta pemerintah pusat untuk segera membangun terowongan kawasan Gunung Paro, Gunung Kulu dan Gunung Guerute yang merupakan ruas jalan nasional menghubungkan Aceh Besar dan Aceh Jaya.

Bupati Minta Pemekaran

Sementara itu, Bupati Aceh Barat H. Tito, menyebutkan bahwa Kota Meulaboh layak untuk dimekarkan sebagai kabupaten sendiri yang terpisah dari Aceh Barat. Usulan tersebut kata Tito kepada Gubernur Zaini, sudah disetujui pemerintah Aceh Barat dan DPRK Aceh Barat. ” Kami sangat berharap usulan tersebut dapat di terima dan segara terwujud,” ujar Bupati Tito

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Aceh mengatakan akan melihat kembali syarat-syarat dan usulan pemekaran Kota Meulaboh dan akan meneruskannya pemekaran kepada Menteri Dalam Negeri. “Kita doakan semoga pemekaran ini bisa terlaksana, tapi keputusannya ada di Kementrian Dalam Negeri.”

Gubernur Minta Masyarakat Saling Percaya

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membina rasa saling percaya. Momentum maulid nabi, kata gubernur, bisa membuat masyarakat aceh untuk saling menjaga ukhwah dengan mempererat silaturrahmi.

“Peringatan Maulid ini kita harap dapat memperkuat hubungan ulama, pemerintah dan masyarakat untuk membina rasa saling percaya dalam memajukan Aceh,” kata Zaini Abdullah.

 

Check Also

Ketua Dharma Wanita Setda Aceh Ikut Deklarasi Germas Simeulue

SIMEULUE—Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si memberikan dukungan penuh …