Gubernur Aceh buka Rakor Pembinaan Lembaga Keagamaan se-Aceh 

zulkifli ahmad

Banda Aceh | 10/30/2014

Banda Aceh [Humas Aceh] – Gubernur Aceh diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Drs. Zulkifli Ahmad membuka Rapat Koordinasi Pelayanan Kehidupan Beragama dan Pembinaan Lembaga Keagamaan se-Aceh di Hotel Grand Nanggroe pada Kamis (30/10).

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Drs. Zulkifli Ahmad, Gubernur mengajak semua pihak untuk saling berdiskusi untuk memperkuat semangat persaudaraan, sehingga masalah-masalah umat dapat kita atasi secara bijak dengan merujuk pada keistimewaan Aceh.

“Saya mengharapkan forum ini bisa pula melahirkan komitmen yang kuat dalam rangka menyatukan langkah dan menyamakan persepsi yang sama terhadap upaya penyelesaian berbagai permasalahan ummat dewasa ini, paparnya.

Gubernur juga menekankan pentingnya peran strategis para tokoh agama dalam mengawal dan menjaga moral umat dengan melakukan pembinaan dan bimbingan untuk menggerakkan potensi sumber daya manusia yang ada.

“Sebagai contoh, kita bisa melihat fenomena pergaulan bebas, perilaku hedonis dan penggunaan narkoba yang mulai menggejala di kalangan anak-anak muda kita. Para tokoh agama sebagai elemen masyarakat yang utama, dituntut untuk bergerak cepat mencegah perilaku yang buruk ini, sehingga fenomena itu tidak semakin berkembang,” ujar Gubernur.

Proses pencegahan fenomena sosial ini menurut Gubernur membutuhkan kerjasama yang baik antara para tokoh agama, organisasi keagamaan dan Pemerintah sehingga perilaku yang buruk dalam masyarakat dapat segera dicegah.

Menurutnya, budaya Islami yang mengutamakan musyawarah dan saling tolong menolong berpotensi terkikis oleh paham liberal dan kapitalis yang mementingkan diri sendiri. Sementara ajaran-ajaran sesat yang menjanjikan kebebasan tidak boleh dibiarkan, bukan hanya karena dampaknya yang menyebabkan dekadensi moral, akan tetapi karena ajarannya yang dapat memnuculkan konflik dan berbagai pertikaian di mana-mana.

“Oleh karena itu saya berharap melalui forum ini para pimpinan lembaga keagaamaan lebih meningkatkan peran dan fungsinya, sehingga keberadaan lembaga ini memiliki nilai lebih dibandingkan organisasi-organisasi lainnya,” tutup Gubernur.

Acara yang diselenggarakan oleh Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat (Isra) tersebut dihadiri oleh seratusan peserta dari berbagai perwakilan dari Dinas Syariat Islam, Lembaga Mesjid Agung, pimpinan dayah, Kantor Perwakilan Kementerian Agama dan Badan Pengembangan Dayah.

Share Button
Top

BIRO HUMAS SEKRETARIAT DAERAH ACEH

Jl.T.Nyak Arif no. 219 Banda Aceh. Tlp:0651 7551377 fax: 0651 7552307

email: humas[at]acehprov.go.id/humasaceh[at]gmail.com