Home / Berita Terkini / Gubernur: Aceh Butuh Ahli Elektro Berkompeten

Gubernur: Aceh Butuh Ahli Elektro Berkompeten

Banda Aceh, 21/04/2015 | Humas Aceh

Dalam menjawab tantangan dan terjangan globalisasi yang kompleksitas dan semakin kompetitif, Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah menekankan agar Fakultas Teknik Elektro mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten. Menurut Gubernur, teknik elektro adalah pelita untuk menerangi dan mengkomunikasikan dunia melalui penggunaan dan pemanfaatkan teknologi yang tepat guna, bernilai, dan berwawasan lingkungan.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam pidatonya yang dibacakan Staff Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Drs. Zulkifli Ahmad MM, Selasa (21/4) dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ke-10 Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia, di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.

“Aceh butuh tenaga ahli elektro yang berkompeten. Tingkatkan kemampuan dan keterampilan sejak dibangku kuliah, termasuk pembentukan sikap dan karakter yang baik,” katanya.

Gubernur menjelaskan, selain di ruangan belajar, penajaman keterampilan juga bisa diperkuat melalui komunitas-komunitas khusus, seperti dalam sebuah forum atau organisasi. Kepada para mahasiswa peserta Munas, Gubernur Zaini juga berpesan agar diskusi berjalan dinamis sehingga menghasilkan gagasan dan ide cemerlang untuk penguatan pendidikan teknik elektro di Aceh.

Selain itu, Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI) juga diajak untuk memperkuat perannya sebagai motor bagi penguatan bakat dan ketrampilan mahasiswa melalui kegiatan seminar, diskusi, pameran teknologi dan sebagainya, sehingga tugas sebagai jembatan ilmu bisa dijalankan dengan baik.

Sementara itu, Pembantu Rektor III Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur, BC mengajak mahasiswa untuk melakukan penelitian-penelitian dan menghasilkan produk yang berguna bagi masyarakat seperti early warning system untuk mendeteksi banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya yang ada di Aceh. “Forum Munas ini harus menghasilkan ide dan gagasan yang kritis untuk pengembangan teknik elektro dalam menghadapi persaingan kedepan,” ujarnya.

Musyawarah tingkat Nasional Mahasiswa Elektro se-nusantara yang dipusatkan di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh ini akan berlangsung hingga 25 April nanti. Dihadiri 200 mahasiswa Teknik Elektro dari berbagai Universitas di Indonesia. Rangkaian kegiatan Munas juga diisi dengan kunjungan ke sejumlah lokasi wisata di Banda Aceh dan ke titik Kilometer 0 Indonesia, di Pulau Weh, Sabang.

Check Also

Nova Iriansyah Hadiri Rakornas Forkopimda di Bogor

Bogor–Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Pusat …