Home / Berita Terkini / Gubernur Apresiasi Tanggapan dan Saran DPRA

Gubernur Apresiasi Tanggapan dan Saran DPRA

Banda Aceh,13-82015 | Humas Aceh

Banda Aceh – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah mengapresiasi berbagai tanggapan, pertanyaan, pendapat, usul, dan saran dari Badan Anggaran, dan Anggota komisi I s.d. VII  Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun 2014.

Hal tersebut disampaikan oleh Zain Abdullah dihadapan para anggota legislatif Aceh di Ruang Rapat Paripurna DPRA, pada acara Penyampain Jawaban/Tanggapan Gubernur Aceh Terhadap Pendapat badan Anggaran, Pemandangan Umum Anggota Dewan serta Pendapat, usul dan Saran Komisi-komisi DPRA, (Rabu, 12/8/2015).

”Kami menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih atas berbagai tanggapan, pertanyaan, pendapat, usul dari para anggota legislatif terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBA Tahun 2014, yang telah kami sampaikan dalam bentuk laporan realisasi anggaran, laporan arus kas, neraca dan catatan atas laporan keuangan yang telah diaudit oleh tim pemeriksa dari BPK RI pewakilan Aceh,” ujar Gubernur

Dalam jawaban/tanggapan setebal 48 halaman yang dibacakan bergantian dengan Drs Dermawan MM, selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh itu, Gubernur menyatakan, bahwa dirinya selaku Kepala Pemerintahan Aceh merasa mendapatkan berbagai suntikan semangat atas segala saran, dan masukan dari pihak legislatif.

Gubernur meyakini, apa yang diutarakan baik secara transparan maupun secara tersirat, merupakan salah satu bentuk respon dan empati para anggota dewan dan menjadi kontribusi dan referensi yang bermanfaat bagi jajaran eksekutif.

”Kami menyambut dan menanggapi baik laporan tersebut, serta akan menjadi bahan masukan bagi kami dalam mengukur kinerja tiap-tiap SKPA dan menjadi parameter serta koreksi bagi kami dalam melaksanakan program dan kegiatan,” lanjut Zaini.

Gubernur juga menyatakan perasaan bahagianya setelah menyimak tanggapan Banggar, Pemandangan umum anggota dewan, dan pendapat anggota Komisi-komisi di DPRA, terhadap sebagian besar kegiatan dengan sumber APBA tahun 2014 telah selesai dilaksanakan, difungsikan serta bermanfaat bagi masyarakat Aceh.

”Adapun beberapa kegiatan yang masih terdapat kekurangan dan memerlukan perhatian lebih lanjut, kami akan perintahkan pada jajaran SKPA terkait untuk segera menindaklanjuti dan menuntaskan hal tersebut.”

Gubernur meyakini, pendapat, usul dan saran yang telah disampaikan, merupakan cerminan dan respon dari keseriusan serta kesungguhan pihak legislatif, karena hal tersebut merupakan satu bentuk pengawasan langsung dari DPRA dalam menjalankan fungsi controlling untuk menilai sejauhmana capaian kualitas dan kuantitas pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Aceh.

”Kami juga menyakini bahwa semua yang telah diutarakan oleh Anggota Dewan Terhormat merupakan upaya untuk mengingatkan kami, dan tentu kita semua, agar selalu berjalan pada jalur yang benar,” tambah Gubernur.

Zaini juga menjelaskan, Pemerintah Aceh telah berupaya seoptimal mungkin untuk memenuhi harapan pimpinan dan anggota DPRA. ”Namun, jika jawaban tersebut masih belum memenuhi harapan para anggota legislatif, kami selalu membuka diri untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.”

Untuk itu, lanjut Zaini, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas kesediaan dan keikhlasan pimpinan dan anggota dewan yang telah merajut untaian tali kemitraan dengan kami selama ini.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRA, T Muhariadi, didampingi Sulaiman Abda dan T Irwan Djohan selaku Wakil Ketua DPRA. Sementara itu, dari pihak eksekutif hadir Sekda Aceh, Drs Dermawan MM, para Asisten serta sejumlah Kepala SKPA dan Kepala Biro dijajaran Setda Aceh.

Check Also

[Video] Masyarakat Bertakziah untuk Ibunda Mertua Plt Gubernur Aceh

[Video] Masyarakat Bertakziah untuk Ibunda Mertua Plt Gubernur Aceh