Home / Aceh Jaya / Gubernur Bantu Korban Kebakaran Pesantren di Aceh Jaya

Gubernur Bantu Korban Kebakaran Pesantren di Aceh Jaya

Humas Aceh | 16 feb 2016

Calang –  Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah mengunjungi korban kebakaran di Pesantren Darul Abrar, Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, Minggu (14/2). Dalam kunjungannya, gubernur menyalurkan  bantuan untuk masa panik yang diterima secara simbolis oleh Pimpinan Pesantren Darur Abrar, Tgk. H. Mustafa Sarong.

Tgk H Mustafa Sarong melaporkan, kebakaran  yang terjadi pada Jumat (12/2) lalu  telah menghanguskan 16 bilik asrama santriwati yang dibangun dengan bahan baku kayu. Kerugian akibat ulah sijago merah itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Gubernur Zaini, asrama putri yang terbakar 16 bilik namun kurang dari dari 10 pintu maka masih bisa ditangani di tingkat kabupaten. Meski musibah ini masih skala kabupaten, Pemerintah Aceh tak tinggal diam dan tetap memberikan perhatian khusus. Tapi Pemkab Aceh Jaya hendaknya segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu para santriwati yang tertimpa musibah.

“Pesantren ini tempat mulia yang harus kita berikan perhatian bersama, ujar gubernur yang akrab disapa Doto Zaini itu.

Doto Zaini berjanji akan membantu apa yang diperlukan terutama dalam  melewati keadaan gawat darurat, seperti sandang dan pangan. Mudah-mudahan Dinas Sosial dapat membantu kebutuhan santri korban kebakaran untuk melewati masa panik ini.

Pada kesempatan tersebut Doto Zaini menyampaikan komitmen Pemerintah Aceh untuk memajukan pendidikan Aceh. Pemerintah Aceh telah membantu lebih100 ribu anak yatim dalam bentuk beasiswa. Selain itu ada sekitar  3000  lulusan sekolah menengah yang dikirim untuk melanjutkan pendidikannya di dalam dan luar negeri. Pada tahun anggaran 2016, Pemerintah Aceh mengalokasi 20% dari total APBA untuk sektor pendidikan, dan anggaran beasiswa bisa lebih besar dari tahun lalu.

Gubernur Zaini yang datang bersama rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas Sosial, Alhudri, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Said Rasul, Kepala Dinas Bina Marga, Rizal Aswandi, Kepala Dinas Pengairan Aceh, Syamsulrizal Satuan Kerja Perangkat Aceh terkait lainnya, disambut oleh Bupati Aceh Jaya, Ir. Azhar Abdurrahman, dan para pengasuh pesantren serta ratusan santriwati

Check Also

Walikota Sambut Baik Wacana Real Madrid Bangun SSB di Banda Aceh

Humas Aceh | 16 Okt 2017 Banda Aceh – Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE …