Home / Berita Terkini / Gubernur dampingi Menteri Agama resmikan Porseni XV Madrasah se-Aceh

Gubernur dampingi Menteri Agama resmikan Porseni XV Madrasah se-Aceh

Humas Aceh |4 Agt 2016

TAKENGON: Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah mendampingi Menteri Agama RI, Bapak Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Kementerian Agama Aceh ke-15 yang dirangkai dengan Expo Madrasah ke 4 serta kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Aceh yang berlansung di Stadion Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah, Kamis (4/8).

Dalam sambutannya, Gubernur Zaini mengatakan Pemerintah Aceh mendukung penuh acara Porseni untuk pengembangan sumber daya manusia dan penciptaan manusia yang taqwa kepada Allah, selaras dengan RPJM Aceh 2012-2017, terutama yang berkaitan dengan Dinul Islam, Sosial dan adat budaya.

“Dengan adanya Porseni ini, Pemerintah Aceh berharap Kementerian Agama Aceh dapat memantau atlit dan pegiat seni Islam terbaik dari kompetisi ini untuk dilatih secara khusus sehingga kelak mereka dapat kita utus untuk mengikuti kompetisi di tingkat yang lebih tinggi lagi,” ujar Gubernur.

Gubernur meminta para atlit dan peserta yang ikut Porseni agar mengerahkan segala kemampuannya demi mencapai prestasi yang terbaik. “Bertandinglah dengan sportif, kerahkan segala kemampuan, tapi jangan lupa untuk memperkuat rasa kekeluargaan agar semua itu kian meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” kata Gubernur.

Selian mendampingi Menteri Agama membuka kegiatan Porseni, Gubernur Aceh juag menyerahkan piagam Tanda Penghargaan Pembauran Kebangsaan dari Pemerintah Aceh kepada unsur penyelenggara pemerintah kepada Bupati Aceh, Ir. Nasharuddin dan unsur perorangan kepada Ketua Baitul Mal Aceh Tengah, Drs. Mahmud Ibrahim, MA.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zaini turut menyerahkan 23 mobil operasional kepada para pengawas sekolah dan madrasah yang diwakili oleh pengawas sekolah dari Kabupaten Simeulue.

Sementara itu, Menteri Agama, Lukman Hakim dalam sambutannya saat membuka acara tersebut menyampaikan bahwa Aceh merupakan batometer penting dalam pelaksanaan dan pemahaman bidang keagamaan serta kerukunan bangsa. “Oleh karena itu, Kementerian Agama selalu memberikan perhatian khusus kepada Aceh terkait bidang pendidikan agama mulai dari Madrasah Ibtidiyah hingga ke Perguruan Tinggi Negeri dibawah naungan Kementerian Agama,” katanya.

“Kerukunan dan beragama ibarat filosopi kopi yang banyak terdapat di Aceh Tengah ini. Kenikmatan kopi hanya bisa dirasakan ketika ia bercampur dengan unsur lain, yaitu air dan zat lainnya. Begitu jugalah Allah menciptakan manusia ini untuk saling melengkapi, sehingga kita mendapat nikmat dari keberagaman itu,” tandasnya.

Terkait dengan pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAIN) Gajah Putih, Menteri Agama mengatakan program itu sudah menjadi prioritas di kementeriannya dan berjanji akan mendukung penuh pembangunan kampus tersebut.

Porseni XV yang digagas Kementerian Agama Aceh merupakan event dua tahunan yang diikuti oleh siswa sekolah agama semua tingkatan, serta karyawan/karyawati Kementerian Agama Aceh, memperlombakan berbagai cabang olahraga, seni dan agama dengan tujuan untuk membangun kekeluargaan, kebersamaan serta memberi ruang berprestasi bagi para siswa sekolah agama dan keluarga besar Kementerian Agama Aceh.

Turut hadir dalam pembukaan Porseni XV Madrasah se-Aceh itu, Kapolda Aceh, Irjen. Hussein Hamidi, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo, Kepala Perwakilan Kementerian Agama Aceh, H. Daud Pakeh, Bupati Aceh Tengah, Ir. Nasharuddin serta perwakilan dari Satuan Perangkat Kerja Aceh (SKPA) terkait.

 

 

Check Also

Plt Gubernur Takziah ke Rumah Duka Almarhum Husni Bahri Tob

Banda Aceh– Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, beserta jajaran Pemerintah Aceh bertakziah ke rumah …