Home / Aceh Barat / Gubernur Janjikan Jalan Terowongan Barat Selatan Aceh

Gubernur Janjikan Jalan Terowongan Barat Selatan Aceh

Humas Aceh | 7 Maret 2016

Meulaboh  – Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah menjanjikan pembangunan jalan layang (fly over) dan terowongan di wilayah barat selatan Aceh untuk memangkas jarak tempuh menuju pusat pemerintahan Aceh.

“Hubungan antara Banda Aceh ke barat selatan kita akan dapat persetujuan fly over, terowongan di daerah Kulu, Paro dan Geurutee. Ini bukan datang begitu saja, tapi waktu itu rahmad banjir, kita bicarakan dengan Presiden dan Alhamdulillah direspon positif,” katanya di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Minggu.

Pernyataan tersebut disampaikan dihadapan ribuan masyarakat yang hadir dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat di depan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Zaini Abdullah menyampaikan, tiga daerah akan dibuatkan fly over (jalan layang) dan trowongan di Gunung Geurutee dengan waktu tembus jalan terpangkas 1,7 kilometer dari jumlah waktu normal sebelumnya mencapai 12 Km.

Terhadap keseriusan pembangunan tersebut kata dia, sudah disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan RI pada sambutannya di acara peresmian pengembangan Bandara Rembele di Kabupaten Bener Meriah, Rabu (2/3).

“Ini juga sudah saya ingatkan saat peresmian lapangan Rembele di Bener Meriah didepan Presiden, dan nanti kita akan menghubungi Mentri PUnya supaya ini dipercepat selesai menyangkut persoalan-persoalan segera dibangun,” jelasnya.

Lebih lanjut Zaini Abdullah menyampaikan, persoalan komunikasi dengan Kementrian di Jakarta terus ditingkatkan, kalau tidak hal itu akan menjadi persoalan penghambat pembangunan, serperti yang terjadi pada pembangunan rel Kereta Api Aceh-Lampung dan jalan tol di wilayah timur Aceh.

Padahal kata Zaini, kepala negara sebelumnya telah mengiyakan pembangunan infrastruktur tersebut di Aceh, namun setelah dilakukan peninjauan langsung ternyata tidak masuk dalam Perpres nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Setelah dilakukan koordinadi pada pemerintah pusat, kata Zaini hasilnya adalah mendapat jawaban akibat terjadinya salah cetak sehingga kedua proyek besar di Aceh itu tidak masuk, Kementrian perhubungan kepada dirinya menyampaikan akan segera membangunnya.”Pembangunan jalan kereta api dari Aceh ke Lampung, ini mungkin belum lagi dari Aceh Barat, mohon maap dan sabar dululah lain kali. Tapi yang penting jalan tol dan jalan kereta api ini segera dibangun, kalau tidak kita akan bersama-sama ke Jakarta,” katanya menambahkan.

Setelah menyerahkan satunan kepada anak yatim, Zaini Abdullah juga menerima berkas rencana pemekaran Kotamadya Meulaboh dari Kabupaten Aceh Barat yang diserahkan oleh Bupati H T Alaidinsyah dan Ketua DPRK Ramli, SE.

Pada kunjungannya ke Aceh Barat ini Zaini Abdullah memiliki beberapa agenda yakni menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW, peletakan batu pertama masjid Alpen, silaturrahmi di gedung PKK, serta pertemuan dengan tim sukses pemenangannya sebagai Calon Gubernur Aceh Priode 2017-2022.

sumber : ANTARA Aceh

Check Also

Ketua Dharma Wanita Setda Aceh Ikut Deklarasi Germas Simeulue

SIMEULUE—Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si memberikan dukungan penuh …