Home / Aceh Jaya / Gubernur Kunjungi Korban Kebakaran Pesantrendi Aceh Jaya

Gubernur Kunjungi Korban Kebakaran Pesantrendi Aceh Jaya

Humas Aceh | 15 Feb 2016

Calang – Gubernur Aceh, dr.H. Zaini Abdullah mengunjungi korban kebakaran di Pesantren Darul Abrar, Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, Minggu (14/2). Dalam kunjungannya, gubernur turut memberikan bantuan masa panik secara simbolis yang diterima Pimpinan Pesantren Darur Abrar, Tgk. H. Mustafa Sarong.
Gubernur Zaini menyebutkan. Kebakaran yang terjadi atas seunit asrama putri yatim piatu di pasantren tersebut, harusnya ditangani cepat di tingkat kabupaten. Namun, gubernur menyebutkan, pasantren itu tetap akan diberikan perhatian khusus hingga ke tingkat provinsi. “Ini tempat mulia. Kita provinsi akan tetap berikan perhatian khusus. Meski harusnya jika kebakaran kurang dari 10 pintu itu menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten,” kata gubernur.
“InsyaAllah apa yang diperlukan akan kita bantu, terutama tuntuk melewati keadaan gawat darurat seperti sandang dan pangan. Mudah-mudahan Dinas Sosial akan dapat membantunya,” ujar Gubernur Zaini.
Pemerintah Aceh memang mempunyai komitmen untuk memajukan Aceh melalui pendidikan. Hingga kini, lebih dari 100 ribu anak yatim menerima manfaat melalui beasiswa pendidikan. Sementara hampir 3000 lulusan sekolah menengah yang dikirim untuk melanjutkan kuliah, baik di dalam mau pun di luar negeri. Untuk tahun anggaran 2016, Pemerintah Aceh juga mengupayakan agar alokasi dana untuk beasiswa ini bisa lebih besar dari tahun lalu, yang nilainya mencapai 20 persen dari total APBA
Kedatangan Gubernur ke lokasi kejadian didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Alhudri, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Said Rasul, Kepala Dinas Bina Marga, Rizal Aswandi, Kepala Dinas Pengairan Aceh, Syamsulrizal Satuan Kerja Perangkat Aceh terkait lainnya. Rombongan disambut oleh Bupati Aceh Jaya, Ir. Azhar Abdurrahman, dan para pengasuh pesantren serta ribuan santri.
Tgk. H. Mustafa Sarong, pimpinan Pesanrtren Darul Abrar mengatakan, kebakaran yang terjadi pada Jumat lalu tersebut telah menghanguskan 16 bilik santriwati yang dibangun dengan bahan baku kayu.Kerugian akibat musibah itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Check Also

Plt Gubernur Silaturahmi dengan Puluhan Pimpinan Media di Aceh

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, bersilaturahmi dengan puluhan pimpinan media di …