Home / Berita Terkini / Gubernur Serahkan Hadiah Lomba Pacuan Kuda, Ekspo dan Pameran Peternakan
Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah membuka acara Expo dan Kontes Peternakan Nasional yang merupakan rangkaian kegiatan Penas Petani-Nelayan ke XV Tahun 2017 di Banda Aceh, Rabu(10/5).

Gubernur Serahkan Hadiah Lomba Pacuan Kuda, Ekspo dan Pameran Peternakan

Humas Aceh | 10 Mei 2017

Banda Aceh – Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyerahkan hadiah kepada para pemenang  lomba pacuan kuda, ekspo ternak dan pameran peternakan pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XV di Lhong Raya, Banda Aceh, Rabu 10 Mei 2017.

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah menyerahkan hadiah untuk lomba Pacuan Kuda, Expo dan Pameran Peternakan dalam rangkaian kegiatan Penas Petani Nelayan ke XV Tahun 2017 di Banda Aceh, Rabu(10/5)

Dalam sambutannya Gubernur Zaini mengatakan, masyarakat Aceh memilik animo yang tinggi terhadap pengembangan ternak sapi, kerbau dan kuda, sementara populasi ternak masih rendah.

Untuk itu, kata Gubernur Zaini, Pemerintah secara berkala terus mengalokasikan anggaran untuk membiayai fasilitas dan prasarana produksi, pengolahan dan pemasaran ternak.

“Diharapkan dari upaya ini masyarakat semakin termotivasi untuk membudidayakan ternak sapi, kerbau dan kuda.”

Pada kesempatan itu Gubernur Zaini juga menyambut baik ditetapkannya Sapi Aceh, Kuda Gayo, Kerbau Simeulue dan Kerbau Gayo sebagai plasma nutfah nasional.

“Tentunya label ini berkonsekuensi terhadap kita. Kita harus memberikan perhatian lebih kepada empat plasma nutfah  ini, akan tetapi harus juga memperhatikan pemurnian dan pembibitan ternak dengan baik guna menjaga kelestarian di masa mendatang,” ujar Gubernur Zaini yang datang bersama istri, Hj. Niazah A.Hamid.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Aceh, Aulia Zaini Yahya mengatakan, selama ini Pemerintah Aceh di bawah Dinas Peternakan terus mengupayakan kemajuan sector peternakan Aceh. Ia juga berterima kasih telah ditetapkannya Sapi Aceh, Kuda Gayo, Kerbau Simeulue dan Kerbau Gayo sebagai plasma nutfah nasional.

Turut hadir dalam acara itu Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan , Fini Murfiani, Sekretaris Daerah Aceh Dermawan,  Kepala Dinas Peternakan Aceh, Aulia Zaini Yahya, serta sejumlah tamu lainnya.

Setelah menyerahkan hadiah kepada para pemenang, Gubernur  Zaini selanjutnya juga melakukan peninjauan  ke stand kebun kurma yang juga terdapat di areal Penas KTNA. Di stand kurma Gubernur Zaini bertanya banyak hal kepada penjaga stand terkait metode budidaya kurma di Aceh. []

 

Check Also

Irwandi Yusuf Terima Kunjungan Tim Pansus DPR RI

Humas Aceh | 18 Okt 2017 Banda Aceh – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menerima kunjungan …