Home / Aceh Jaya / Gubernur terima kepulangan Anisah, korban tsunami Aceh Jaya dari Jawa Barat

Gubernur terima kepulangan Anisah, korban tsunami Aceh Jaya dari Jawa Barat

Banda Aceh | 7-2-2015 | Humas Aceh

Banda Aceh –  Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah menerima kepulangan wanita asal Aceh Jaya korban tsunami yang hilang kontak dengan keluarga sejak 10 tahun lalu.
 
Kepulangan Anisah bersama oleh tiga orang anak serta suami dari Jawa Barat disambut oleh Gubernur di kediaman resmi Gubernur, pendopo.
 
Proses pemulangan keluarga tersebut difasilitasi sepenuhnya oleh Pemerintah Aceh dan anggota fraksi Partai Aceh dari DPRK Aceh Jaya.
Gubernur Aceh dalam sambutannya berterima kasih kepada semua pihak termasuk dari Dinas Sosial Aceh dan Jawa Barat yang telah membantu kepulangan keluarga Anisah yang selama ini sangat merindukan kampung halamannya.
“Pemerintah Aceh terus berkomitmen  membantu warga Aceh korban tsunami, baik yang tinggal di Aceh ataupun di luar Aceh. Penderitaan yang dialami oleh saudari Anisah, korban tsunami asal Teunom, Kabupaten Aceh Jaya yang ‘terdampar’ di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat sejak 10 tahun sangat memprihatinkan kita semua”, kata Gubernur.
Menurut Gubernur, penderitaan yang dialami oleh Anisah patut menjadi perhatian khusus pemerintah demi menjamin keberlansungan hidup mereka yang layak dan kesejahteraan masyarakat Aceh secara menyeluruh.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Aceh juga memberikan santuan sosial kepada keluarga Anisah sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap korban.
Turut hadir dalam sambutan kepulangan keluarga Anisah tersebut Kepala Dinas Sosial Aceh Bukhari AKS, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Dr. Mahyuzar dan beberapa perwakilan fraksi Partai Aceh DPRK Aceh Jaya.

Seperti diketahui dari pemberitaan media (Serambi Indonesia, 27 Januari 2015), Anisah, asal Gampong Blang Baro, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya yang jadi korban tsunami pada 26 Desember 2004 diboyong oleh salah satu NGO untuk berobat ke Jakarta. Setelah sembuh, Anisah sempat bertahan di Jakarta menjadi pembantu rumah tangga. Karena mendapat perlakuan kurang manusiawi dari majikan, akhirnya Anisah nekat berangkat ke Bandung dan bekerja di sebuah restoran milik pengusaha yang ditemuinya dalam perjalanan dengan bus dari Jakarta.

Setelah beberapa bulan di Bandung, Anisah yang berstatus janda dilamar oleh seorang pria Sunda bernama Ujang Supandi dan mereka pun menikah. Kini pasangan Anisah-Ujang dikaruniai dua anak yang diberi nama Cut Dewi Jelita (9 tahun) dan Teuku Ilham Maulana (5 tahun). Keluarga ini tinggal di Desa Bojong Kunci, RT 001, RW 010, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Check Also

Plt Gubernur Undang Pengelola Wisata ASEAN Datangkan Kapal Pesiar ke Sabang

Sabang – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengundang pengelola usaha wisata di kawasan ASEAN, …