Home / Berita Terbaru / Gubernur Tinjau Kawasan Banjir dan Serahkan Bantuan

Gubernur Tinjau Kawasan Banjir dan Serahkan Bantuan

Humas – 18-12-2015 |Humas Aceh

MEULABOH – Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah meninjau kawasan banjir dan menyerahkan bantuan kepada korban di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, Kamis(17/12). Bantuan kepada korban banjir di Aceh Barat diserahkan lansung oleh Gubernur Zaini kepada Bupati Aceh Barat, H.T. Alaidinsyah di Halaman Masjid Agung Baitul Makmur, meulaboh, Aceh Barat. Bantuan itu berupa air mineral, mie instan, pakaian dan perlengkapan shalat seperti sajadah, mukenah, baju koko, dan sembilan kebutuhan

Gub - Banjir MBO - 2
Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah, menyerahkan bantuan korban banjir melalui Asisten II Setdakab Nagan Raya H. M. Junid, SE di Desa Mon Dua, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (17/12)

pokok yang sangat dibutuhkan korban pascabanjir.Sebelum penyerahan bantuan tersebut, Gubernur Zaini yang diikuti oleh sejumlah kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) meninjau jembatan yang rusak parah akibat diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu, dan jalan yang ambruk di Desa Ulee Rakit, Kecamatan Kaway XVI dan di Desa Pasi Aceh, Woyla, Aceh Barat.

Usai melihat kondisi jembatan yang rusak parah itu, Gubernur Zaini langsung meminta kepada kepala dinas teknis untuk merencakan perbaikan pada tahun 2016. Untuk mencegah kerusakan berualang akibat luapan air sungai, Gubernur Zaini meminta untuk merekontruksi tebing sungainya (normalisasi) agar jembatan lebih tahan terhadap tekanan banjir di masa mendatang.

“Normalisasi tebing sungainya supaya mampu menahan tekanan pada saat volume air sungai meningkat tajam,” katanya yang didengar langsung oleh Bupati Aceh Barat HT.Alaidinsyah.

Meninjau Nagan Raya

Selain meninjau kawasan Aceh Barat, Gubernur berserta rombongan berangkat menuju ke Nagan Raya untuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Desa Mon Dua, Kecamatan Tripa Makmu, Nagan Raya. yang diterima oleh Asisten II Setdakab Aceh Barat, Muhammad Junid.

Dalam kunjungannya, Gubernur didampingi didampingi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Said Rasul, Kepala Dinas Sosial Aceh, Al Hudri, Kepala Bina Marga Rizal Aswandi Kepala Dinas Pertanian, Prof. Abu Bakar, dan sejumlah Kepala SKPA lainnya.

Menurut Gubernur, Pemerintah Aceh sudah selayaknya membentuk sebuah program penanganan terpadu untuk mengatasi masalah banjir yang kerap menerjang wilayah barat dan selatan Aceh.

“Kita akan berkerjasama dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan lagi alokasi projek pembangunan infrastruktur bersumber dari APBN dalam mengatasi masalah banjir di wilayah ini, terutama di Singkil yang skalanya besar dan perlu penanganan khusus” katanya.

Dalam mengatasi banjir ke depan, Gubernur mengatakan pemerintah akan mengalokasikan lebih banyak lagi dana cadangan untuk bencana di tingkat tiap­tiap kabupaten dan instansi terkait.

“Melihat dari pengalaman bencana sebelumnya dan proses penanganan di kabupaten, kita akan pengusulkan supaya dana cadangan siap pakai untuk bencana ditingkatkan di kabupaten dan instansi terkait, sehingga proses penanggulanan dan penanganan bencana di daerah ini dapat lebih maksimal,” ujar Gubernur.

Gubernur turut menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar daerah rawan bencana banjir agar bersama­sama dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hutan.

“Harus kita akui, disamping faktpr alam, penyebab terjadinya bencana di banyak daerah adalah karena faktor manusia. Banyak manusia yang lupa dampak yang ditimbulkan oleh perbuatannya semata­mata keuntungan pribadi.

“Oleh itu, mari kita bersama­sama aktif menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Jika ada pihak yang melakukan kesalahan dengan mencemari lingkungan atau melakukan perambahan hutan secara illegal tolong segera lapor kepada pihak terkait.

Seperti diwartakan sebelumnya, banjir yang terjadi pada beberapa waktu lalu telah mengakibatkan  beberapa kabupaten di Aceh lumpuh. Kondisi tersebut Gubernur Zaini Abdullah langsung mengutus sejumlah instansi terkait untuk penanganan secara langsung dilapangan.

Check Also

Plt. Gubernur Aceh Serahkan Penghargaan kepada Istri Almarhum Dokter Imay Indra

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyerahkan penghargaan kepada Suhartuti, Istri Almarhum …