Home / Aceh Barat / H. Ramli : membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah

H. Ramli : membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah

Humas Aceh | 12 Des 2017

Aceh Barat – Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS Rabu (13/12) membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Aceh Barat di aula Bappeda Aceh Barat, Bupati Aceh Barat dalam sambutannya menyatakan penyempurnaan rancangan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Kabupaten Aceh Barat untuk lima tahun kedepan, sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati aceh barat periode 2017-2022, yaitu “terwujudnya aceh barat yang islami, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang transparan, kredibel, akuntabel dan terintegritas”

sedangkan misi yang akan diwujudkan yaitu:

  1. mengembalikan kabupaten aceh barat yang syar’i dan mewujudkan pemerintahan aceh barat yang bersih.
  2. mewujudkan perdamaian aceh yang abadi sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila, uud 1945, mou helsynki dan uupa.
  3. membangun ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada sektor sda dengan pengelolaan terintegrasi berlandaskan tata ruang dan peta kebencanaan.
  4. meningkatkan kesejahteraan sumberdaya manusia seperti aparatur sipil negara (asn), tenaga kontrak (honorer) dan teungku dayah.
  5. mengembangkan dan melestarikan objek wisata spiritual, seni, budaya, adat dan adat-istiadat serta olahraga sesuai dengan potensi kedaerahan (kearifan lokal).
  6. pembangunan prasarana dan sarana infrastruktur pendukung dalam mewujudkan aceh barat sebagai zona ketahanan pangan nasional.
  7. memberikan pelayanan kesehatan menuju masyarakat aceh barat yang sehat jasmani dan rohani serta meningkatkan sdm bidang kesehatan.
  8. meningkatkan kesejahteraan dan keahlian tenaga pendidik, serta membuka akses pendidikan kepada masyarakat aceh barat.

Agenda musrenbang ini dimaksudkan untuk menjaring masukan dari seluruh pihak terkait, terhadap program pembangunan kabupaten aceh barat selama 5 (lima) tahun ke depan. untuk itu, dalam kesempatan ini, kami mintakan kepada seluruh skpk dan pihak yang hadir   untuk  dapat  memberikan masukan-masukan terutama tujuan, sasaran dan indikator kinerja yang akan kita raih. dalam kerangka penyusunan rpjmd kabupaten aceh barat tahun 2017-2022, ada beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu:

pertama, seluruh skpk agar menjabarkan visi dan misi kabupaten aceh barat dengan sebaik-baiknya, dengan menyusun tujuan, sasaran, indikator kinerja serta program prioritas, yang terukur dan terkait langsung dengan pencapaian visi misi, serta dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, peningkatan ketahanan pangan dengan bersumber pada potensi lokal dalam bingkai syariat islam di kabupaten aceh barat.

kedua, rasionalisasi program kegiatan yang tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi rakyat, sehingga program kegiatan menjadi sederhana dan efisien. ketiga, dengan penyusunan rpjmd kab. aceh barat, di masing-masing skpk juga berproses untuk penyusunan renstra skpk yang mengacu pada rancangan rpjmd.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat HT. Ahmad Dadek, SH dalam laporannya menyatakan musrenbang rpjm hari ini merupakan sebuah agenda penyempurnaan awal rpjm yang telah dikonsultasikan dengan provinsi, adapun tujuan dari pelaksanaan musrenbang sebagai media konsultasi publik dari seluruh steakholder untuk memperoleh saran dan masukan yang bersifat konstruktif. Untuk melakukan penajaman dan penyelarasan terhadap tujuan, saran yang diindentifikasi berdasarkan permasalahan pembangunan serta menghasilkan berita acara musrenbang rpjm kabupaten aceh barat tahun 2017-2022. Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat membawa hasil yang lebih baik untuk perencanaan pembangunan di kabupaten aceh barat dalam rangka menyukseskan visi misi bupati dan wakil bupati aceh barat yaitu “terwujudnya aceh barat yang islami, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang transparan, kredibel, akuntabel dan terintegritas”

Adapun pemateri Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Aceh Barat 2017 – 2022 yaitu Ibu Woro Srihastuti Sulistyaningrum dari Bappenas R.I, Bapak Candra Sagita Zulnawa dari Bappenas R.I, Ibu Melania Hidayat dari UNFPA, Bapak Wisnu Trianggono dari Kemenkes R.I, Bapak Djamiko dari Kemendagri, Bapak Muhammad Faozi Kurniawan dari UGM.

Hadir dalam Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Aceh Barat 2017 – 2022, Para Muspida, Kepala Dinas Badan dan Kantor serta para camat dalam lingkup Kabupaten Aceh Barat.

Check Also

Aminullah: KIP Harus Independen dan Bebas Intervensi dari Pihak Manapun  

Humas Aceh | 11 Juli 2018 Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengharapkan agar …