Home / Berita Terkini / Humas Banten kunjungi Aceh bahas strategi pengelolaan opini publik dan aspirasi masyarakat

Humas Banten kunjungi Aceh bahas strategi pengelolaan opini publik dan aspirasi masyarakat

Banda Aceh, 28-8-2015 | Humas Aceh

Banda Aceh – Tim Penyusun Aspirasi dan Pengelolaan Opini Publik di Media Massa, Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten melakukan kunjungan ke Biro Humas Setda Aceh dalam rangka membahas strategi pengelolaan opini publik dan penyerapan aspirasi masyarakat.

Rombongan tim Humas Provinsi Banten tersebut disambut oleh Kepala Bagian Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Reza Syahputra yang mewakili Kepala Biro Humas Aceh, Ali Alfata di Ruang Rapat Media Center Pemerintah Aceh, Sekretariat Daerah Aceh, Banda Aceh, Jumat (28/8).
Ketua rombongan yang juga Kepala Bagian Aspirasi dan Pengelolaan Informasi Publik Biro Humas dan Protokol Setda Banten, Epi Rustam berkata tujuan kunjungannya ke Biro Humas Aceh adalah untuk mempelajari strategi pengelolaan informasi publik dan proses penjaringan aspirasi masyarakat yang selama ini dilakukan di Aceh.
“Aceh dan Banten mempunyai banyak kesamaan dari segi sosial dan budaya, yaitu sama-sama merupakan tempat awal masuknya Islam, sehingga banyak budaya islam yang masuk kedalam kedua budaya tersebut,” katanya.
Dalam hal keterbukaan informasi publik, Aceh dan Banten menurutnya bersaing ketat dalam Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (Award KIP) tahun lalu. Aceh pada 2014 meraih posisi kedua nasional dalam penghargaan tersebut, sementara Banten menduduki peringkat yang kelima.
“Atas keberhasilan tersebut, kami merasa terpanggil untuk berkunjung ke Biro Humas Aceh untuk dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana strategi dan proses pengelolaan informasi publik di Aceh,” ungkap Epi Rustam yang juga mengetuai rombongan dari tim Humas Banten tersebut.
Sementara itu Reza Syaputra mewakili Biro Humas Aceh memaparkan beberapa program dan kegiatan strategis yang dilakukan dalam rangka meningkatkan imej pemerintah dan melakukan proses penyerapan aspirasi masyarakat yang lebih baik.
“Selama ini, Biro Humas Aceh melakukan beberapa kegiatan dalam tersebut, antaranya pelatihan kehumasan di tingkat Kabupaten dan Kota, focus group discussion dengan pihak-pihak terkait serta memaksimalkan teknologi media sosial seperti Twitter dan Halaman Facebook sebagai salah salah sumber informasi pemerintah dan aspirasi masyarakat,” katanya.
Menurut Reza Syahputra, pihaknya berterima kasih atas kunjungan Humas provinsi Banten ke Aceh dan berharap untuk mengadakan lebih banyak kerjasama dan sharing knowledge antara kedua belah pihak dalam memaksimalkan fungsi humas sebagai pengelola informasi publik pemerintah dan penyerap aspirasi masyarakat.
Tim rombongan yang terdiri dari tujuh pejabat dan staf Humas Provinsi Banten tersebut mengaku kagum melihat program jaminan kesehatan gratis (JKRA) yang telah dimulai sejak 2008 lalu dan beasiswa Pemerintah Aceh yang telah berhasil menghantar ribuan mahasiswa untuk belajar di dalam dan luar negeri.
Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Bagian Nakah dan Makalah Pimpinan, T. Fariyal, Kepala UPT Seuramoe Informasi Aceh, Dr. Sanasi serta beberapa perwakilan dari Dinas Komunikasi, Perhubungan, dan Telekomunikasi Aceh.

 

Check Also

Maksimalkan Penggunaan Dana Desa untuk Pembangunan Gampong

Aceh Tamiang – Dana Desa digulirkan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, Sekretaris …