Ini beda dana Peumakmu Gampong, ADG, dan PNPM Mandiri

Rabu, 03 April 2013

TAHUN ini alokasi dana untuk Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong mencapai Rp452 miliar. "Saat ini per gampong menerima Rp70 juta untuk membantu keuangan dan akan kita tingkatkan menjadi Rp100 juta," ujar Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Departemen Dalam Negeri Tarmizi A. Karim pada rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Kamis 28 Maret 2013.


Mantan penjabat Gubernur Aceh ini mengatakan, kucuran alokasi dana untuk gampong atau desa agar masyarakat dapat meningkatkan kemandirian.


"Kita bukan hanya memberikan bantuan keuangan pada masyarakat, namun harus ditambah untuk kemandirian masyarakat," katanya.


Sedangkan Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan anggaran Peumakmue Gampong tahun 2013 dialokasikan untuk 6.464 gampong di 23 kabupaten dan kota.


Jumlah alokasi dana tahun 2013 ini meningkat dibandingkan tahun 2012 dengan jumlah Rp445.119.000.000 dan tahun 2011 dengan jumlah Rp299,3 miliar.


“Ini wujud perhatian Pemerintah Aceh dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan dan mengejar ketertinggalan pembangunan terutama pada wilayah pedesaan,” kata Zaini Abdullah dalam rapat koordinasi PNPM Mandiri Pedesaan-BKPG di Hotel Permata Hati, Aceh Besar, Kamis 14 Maret 2013.


Zaini mengatakan program BKPG dilakukan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja dan lainnya. Sejak digulirkan tahun 2009 silam, tahun ini menjadi tahun yang keempat.


Namun, selain Peumakmu Gampong, juga ada Alokasi Dana Gampong, dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat atau PNPM Mandiri Pendesaan. Ketiga dana ini sasarannya ke setiap desa di Aceh.


Pada 2013, seperti dikatakan Tarmizi, PNPM Mandiri mendampingi konsep Peumakmu Gampong. Dalam rapat di Ruang Serba Guna pada Kamis pekan lalu itu juga telah diteken kerjasama pendampingan kedua bantuan itu. Tujuan pendampingan, kata Tarmizi, untuk memperbesar anggaran-anggaran bagi gampong.


Dalam beberapa referensi disebutkan, Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong sumbernya dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh. Sedangkan PNPM Mandiri Pedesaan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Lalu, Alokasi Dana Gampong dijatah dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten.[]

 

Sumber : http://atjehpost.com

 

Share