Home / Berita Terkini / Irwandi Canangkan Lhok Mon Puteh Sebagai Gampong KB
Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf berbincang-bincang dengan masyarakat saat mencanangkan Gampong KB di Lhok Moen Pute, Lhoksemawe, Selasa 22/08/2017.

Irwandi Canangkan Lhok Mon Puteh Sebagai Gampong KB

Humas Aceh | 23 Agt 2017
Lhokseumawe – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf didampingi Kepala BKKBN RI Surya Chandra Surapaty, Walikota Lhokseumawe, Suadi Yahya, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh M. Yani, dan Ketua TP PKK Aceh Darwati A. Gani mencanangkan Gampong Lhok Mon Puteh, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Mawaddah Warahmah, Selasa 22 Agustus 2017.

Acara tersebut digelar bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Aceh Ke 24 Tahun 2017.
Lhok Mon Puteh merupakan gampong pertama di Aceh yang dicanangkan sebagai Kampung KB dalam program yang digagas oleh pemerintah pusat tersebut.
Salah satu tujuan pembentukan Gampong KB adalah untuk pembentukan keluarga yang berkualitas yang pada akhirnya akan melahirkan generasi yang bermental baik untuk meneruskan cita-cita bangsa dan negara.
Dengan adanya Gampong KB diharapkan para pasangan dapat merencanakan masa depan anak jauh lebih mudah dan terarah. Baik dalam pendidikan, kesehatan maupun perkembangan tumbuh kembang anak.
Dalam penjelasannya, Irwandi mengatakan, program KB yang akan diterapkan di masyarakat Aceh adalah program yang akan disesuaikan dengan syariat Islam.
Irwandi mengatakan, akan meminta ulama melakukan muzakarah untuk merumuskan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam program KB.
“Ada beberapa hal, seperti aborsi yang dilarang dalam agama, dan bagaimana cara mengatur jarak kehamilan yang diperbolehkan,” ujar Irwandi.
Sementara Kepala BKKBN RI Surya Chandra Surapaty mengatakan, pembentukan Kampung KB merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo agar manfaat program KB  dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan di seluruh tanah air.
“Diharapkan program KB dapat bergema  kembali dan menjangkau masyarakat  terutama yang berada di desa- desa, dusun- dusun wilayah padat penduduk, wilayah miskin perkotaan dan kampung–kampung di seluruh Indonesia,”

Check Also

Plt Gubernur Undang Pengelola Wisata ASEAN Datangkan Kapal Pesiar ke Sabang

Sabang – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengundang pengelola usaha wisata di kawasan ASEAN, …