Home / Berita Terkini / Irwandi Minta Pemberdayaan Perempuan di Setiap Gampong Ditingkatkan
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bersama Istri, Darwati A Gani menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional ke 24 di Lhokseumawe, Selasa 22 Agustus 2017.

Irwandi Minta Pemberdayaan Perempuan di Setiap Gampong Ditingkatkan

Humas Aceh | 23 Agt 2017

Lhokseumawe – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta setiap gampong menyisihkan dana desa sebesar Rp 1 juta per bulan untuk pemberdayaan perempuan di setiap Gampong yang ada di Aceh. Penyisihan dana tersebut, kata Irwandi, bisa dilakukan jika tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

Namun, jika bertentangan dengan peraturan yang ada, lanjut Irwandi, maka setiap Walikota dan Bupati diminta untuk mencari alternatif dana lain untuk pemberdayaan perempuan.

Hal tersebut disampaikan Irwandi saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Aceh Ke 24 Tahun 2017 di Lapangan Sudirman, Lhokseumawe, Selasa, 22 Agustus 2017.

Pada kesempatan itu, Irwandi juga meminta seluruh masyarakat Aceh untuk mengambil hikmah dan makna hakiki dari peringatan HARGANAS untuk memberi perhatian lebih besar kepada keluarga.

Hal tersebut, kata Irwandi, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, yang mengamanatkan Pemerintah untuk menetapkan kebijakan Pembangunan Keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan yang optimal.

Perhatian itu dapat diwujudkan melalui penerapan 8 fungsi keluarga, yaitu: Fungsi Agama; Sosial Budaya; Cinta Kasih; Perlindungan; Reproduksi; Sosialisasi; Pendidikan; Ekonomi dan Pembinaan lingkungan, yang diharapkan mampu melahirkan keluarga sejahtera dan berakhlakulkarimah.

Irwandi juga meminta masyarakat untuk terus mempertahankan keluarga dan meningkatkan kualitas rumah tangga masyarakat Aceh.

Secara lebih rinci, Irwandi juga mengajak kaum suami dan kaum istri untuk saling meningkatkan kualitas hubungan demi terciptanya keluarga yang harmonis, sehingga melahirkan generasi-generasi terbaik sebagai penerus bangsa.

Irwandi bahkan meminta para suami untuk memperhatikan kecukupan gizi ibu hamil dan segala asupan yang dibutuhkan ibu dan janin demi melahirkan generasi yang sehat.

“Yang juga lebih penting selanjutnya setelah bayi lahir diberikan pendidikan agama agar terbentuk menjadi pribadi mulia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Irwandi Yusuf  yang didampingi istrinya Darwati A. Gani yabg juga Ketua Tim Penggerak PKK Darwati A. Gani, memberikan penghargaan kepada para pelaku Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang berprestasi di Aceh

Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Aceh Ke 24 itu mengangkat tema “Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan”.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala BKKBN RI Suryachandra Surapatyi, Walikota Lhokseumawe, Suadi Yahya, Ketua TP-PKK se–Aceh, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh M. Yani, Danrem 011 / Lilawangsa Kol. Inf. Agus Firman Yusmono SIP. MSI, Dandim 0103/Aceh Utara Letnan Kolonel Kav Fadjar Wahyudi Broto, Ketua Dharma Wanita Aceh Syamsiarni Darmawan, serta sejumlah tamu lainnya.

 

Check Also

Pemerintah Aceh Terima Kunjungan 14 Perwira Sespimti Polri

Banda Aceh – Pemerintah Aceh menerima kunjungan 14 peserta dari perwira menengah Polri dan TNI …