Home / Bener Meriah / Irwandi Yusuf: Manfaatkan Sumber Daya Alam Bener Meriah untuk Mensejahtrakan Rakyat

Irwandi Yusuf: Manfaatkan Sumber Daya Alam Bener Meriah untuk Mensejahtrakan Rakyat

Bener Meriah – Gubernur Aceh, drh. H. Irwandi Yusuf, M.Sc melantik Ahmadi, SE dan Tgk. H. Sarkawi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bener Meriah periode 2017-2022 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) setempat, Jumat (14/07/2017).

Dalam sambutannya usai pelantikan, Irwandi Yusuf mengajak Bupati dan Wakil Bupati Bener untuk memanfaatkan dan mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Bener Meriah sebagai modal dalam mensejahterakan Masyarakat.
 “Daerah ini dikenal karena kesuburan tanahnya dan kekayaan alamnya, dan kopi Bener Meriah merupakan kopi terbaik di dunia,” kata Irwandi Yusuf.
Irwandi mengatakan, Pemerintahan Bener Meriah dibawah kepemimpinan Ahmadi-Sarkawi harus mampu memetakan potensi sumber daya alam  dan menyesuaikannya dengan arah dan kebijakan pembangunan nasional, serta memperhatikan celah pasar, baik dari sisi domestik hingga internasional.
“Dengan membuat peta potensi alam, kita akan juga mengetahui potensi pasar yang dapat dimaksimalkan demi mewujudkan Bener Meriah yang sejahtera,” ujar Irwandi.
Pada kesempatan itu Irwandi juga menghimbau Ahmadi-Sarkawi agar menfokuskan investasi untuk membangun sektor pertanian dan perkebunan di wilayah tersebut, dengan menciptakan iklim investasi yang nyaman dan ramah bagi investor disertai dengan peningkatan berbagai kebutuhan dan sarana penunjuang investasi.
“Saya juga melihat potensi wisata yang bisa dikembangkan di wilayah ini. Karena itu, saya berharap agar Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk memajukan sektor pariwisata dengan membenahi dan melengkapi berbagai fasilitas di tempat wisata. Wisata budaya juga sangat bisa dikembangkan,” kata Irwandi.
Selain itu, Irwandi juga berharap  Pemerintah Bener Meriah memperhatikan masalah sanitasi kebersihan lingkungan dan fasilitas publik, seperti kebersihan wc/toilet ditempat-tempat umum.
Pada kesempatan tersebut, Irwandi juga menyampaikan secara garis besar program RPJM Aceh 2017-2022 dengan mengusung visi  “Terwujudnya Aceh damai dan sejahtera melalui pemerintahan yang bersih, adil dan melayani”.
Visi tersebut kata Irwandi akan diuraikan lagi dalam beberapa program prioritas, yaitu: Aceh Seujahtra, Aceh SIAT, Aceh Caròng, Aceh Energi, Aceh Meugoë dan Meulaôt, Acèh Troë, Acèh Kreatif, Acèh Kaya, Acèh Peumulia, Acèh Damê, Acèh Meuadab, Acèh Teuga, Acèh Green, Acèh Seuninya, dan Acèh Seumeugot.
“RPJM Aceh ini nantinya menjadi acuan dalam penyelenggaraan pembangunan di wilayah ini untuk lima tahun ke depan. Penyusunan dokumen RPJM di wilayah ini, harus mengacu kepada dokumen perencanaan pembangunan nasional dan dokumen perencanaan pembangunan Aceh yang saat ini sedang disiapkan,” kata Irwandi.
Pelantikan dan pengambilan sumpah bupati dan wakil bupati bener Meriah Ahmadi-Sarkawi turut dihadiri Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, Anggota DPR RI, sejumlah Bupati dan Walikota terpilih, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin, Lc, MH serta Ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Check Also

Masa Tugas Panwaslih Berakhir, Walikota Minta Silaturrahmi Tetap Berlanjut

Humas Aceh | 20 Sep 2017 Banda Aceh – Masa tugas Ketua Panwaslih Banda Aceh …