Home / Berita Terbaru / Jadikan PAUD sebagai Pusat Pembentukan Karakter Anak

Jadikan PAUD sebagai Pusat Pembentukan Karakter Anak

Banda Aceh, 26-10-2015 | Humas Aceh

Banda Aceh –Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Aceh, Hj Niazah A Hamid meminta kepada bupati/walikota dan masyarakat setempat untuk menjadikan PAUD sebagai Pusat Pembentukan Karakter Anak Aceh. PAUD merupakan tempat ketiga bagi anak memperoleh pendidikan berkarakter, setelah di rumah dan di lingkungan tempat tinggalnya.

Hal itu disampaikan oleh wanita yang akrab disapa Ummi Niazah itu dalam sambutan singkatnya yang dibacakan oleh Ketua Pokja PAUD Aceh, Syamsiarni, saat menutup secara resmi Pentas Seni dan Kreatifitas serta Gebyar Pendidikan Agama Islam (PAI) Anak Usia Dini tingkat Aceh, di Komplek Meusiem Rumoh Aceh, Sabtu (24/10).

Kegiatan PAUD yang berlangsung sejak 22 Oktober 2015 itu merupakan hasil elaborasi kegiatan Dinas Pendidikan Aceh dan Kanwil Kementerian Agama-Aceh.

“Anak adalah penggerak utama laju pendidikan sebuah bangsa. Oleh sebab itu, peningkatan kapasitas PAUD menjadi target utama yang perlu kita perhatikan bersama,” tegas Ummi Niazah.

Istri Gubernur Aceh itu mengatakan, anak-anak berprestasi harus diberikan penghargaan sepantasnya dan berharap agar kegiatan ini diselenggarakan secara periodik. Menurut Ummi Niazah, kesempatan berkreasi bagi anak sangat penting untuk melahirkan inovasi dan pembentukan karakter anak-anak Aceh yang Islami.

Lebih lanjut Niazah menjabarkan, kompetensi yang harus dicapai oleh anak-anak usia dini antara lain tumbuhnya rasa percaya diri, rasa ingin tahu, motivasi, kemampuan kontrol diri, kemampuan bekerjasama, mudah bergaul dengan sesama, mampu berkonsentrasi, memiliki rasa empati dan memiliki kemampuan berkomunikasi.

Diakhir sambutannya, Ummi Niazah menyampaikan penghargaan kepada Dinas Pendidikan Aceh, Kanwil Kemenag Aceh, Panitia, dan semua pihak, yang telah menyukseskan Event Pentas Seni dan Kreatifitas, serta Gebyar Pendidikan Agama Islam untuk anak usia dini tahun ini.

Bagi anak usia dini yang keluar sebagai pemenang kali ini, Ummi berpesan agar lebih kreatif lagi dan belajar dengan sungguh-sungguh agar tumbuh menjadi generasi muda Aceh yang berkarakter Islami.

“Bagi anak-anak saya yang belum berhasil menjadi juara jangan berkecil hati, terus pacu semangat belajar kalian agar dapat meraih hasil maksimal di event yang akan datang,” pesan Ummi Niazah, menutup acara perlehatan anak-anak dari seluruh Aceh itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bunda PAUD Aceh, Hj Marlina Usman, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Aceh, perewakilan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Perwakilan Kakanwil Kemenag Aceh dan sejumlah awak media.

Check Also

Banggar DPR-RI: Aceh Punya Potensi Ekonomi Besar untuk Dikembangkan

BANDA ACEH – Wakil Ketua Banggar DPR RI Muhiddin Muhammad Said, memuji potensi ekonomi Aceh …