Home / Kota Banda Aceh / Jelang Idul Adha, Wakil Wali Kota Tinjau Pasar Daging Meugang

Jelang Idul Adha, Wakil Wali Kota Tinjau Pasar Daging Meugang

Humas Aceh | 31 Agt 2017

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin meninjau pasar daging meugang yang terletak di Jl HT Daudsyah Peunayong, Rabu (30/8/2017). Didampingi sejumlah pejabat terkait, Cek Zainal -sapaan akrab Zainal Arifin- disambut hangat oleh para pedagang yang menggelar lapak di sepanjang jalan tersebut.

Usai melakukan peninjauan, Cek Zainal menyebutkan daging sapi yang dijual oleh para pedagang masih dalam kondisi segar dan berkualitas bagus. “Kami juga mengapresiasi para pedagang yang telah menjelaskan secara jujur kepada pembeli mana daging sapi lokal, sapi impor tapi pakannya lokal, atau yang benar-benar sapi impor,” katanya.

“Soal harga, kita tentu berharap para pedagang dapat mematok harga yang terjangkau bagi masyarakat. Pantauan kita hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, memang ada sedikit kenaikan harga daging sapi lokal. Jika pada  hari-hari biasa Rp 130 ribu/Kg, hari ini harganya Rp 150 ribu/Kg.”

Meskipun dirinya tidak mengharapkan adanya kenaikan harga, tapi di satu sisi dapat membantu para peternak lokal maupun penjual dalam menyambut hari raya. “Apalagi kenaikan harga ini hanya terjadi pada momen-momen tertentu saja, seperti pada hari meugang menjelang hari raya.”

Di samping itu, Cek Zainal menyebutkan semangat berkurban warga Banda Aceh semakin meningkat setiap tahunnya. “Pada tahun ini hampir semua gampong melaksanakan kurban, baik itu dengan sistem meuripee, tabungan kurban, maupun perorangan.”

“Bahkan ada gampong-gampong yang jumlah hewan kurbannya (Sapi) mencapai 20 ekor lebih. Dengan begitu tentu semakin banyak warga kita dapat menikmati daging kurban pada hari raya nanti,” katanya seraya mengharapkan panitia kurban di gampong-gampong untuk melakukan penyelembihan hewan kurban pada hari raya pertama, dan paling telat pada hari raya kedua. (Jun)

Check Also

Sekda Instruksikan Jajaran RSUDZA Lebih Waspada Dan Disiplin

Banda Aceh – Di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) seluruh jajaran di Rumah …