Home / Berita Terbaru / Jelang Ramadhan, Gubernur Pantau Harga Sembako

Jelang Ramadhan, Gubernur Pantau Harga Sembako

Banda Aceh | 16-06-2015

Banda Aceh – Menjelang tibanya bulan suci Ramadhan, Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Senin (15/6) pagi. Sidak tersebut dilakukan untuk memastikan stok pangan jelang bulan Ramadhan tetap aman.

“Ini rutin dilakukan menjelang bulan puasa, kita memantau ketersediaan dan harga bahan pokok,” jelas Gubernur, disela-sela Sidak. Orang nomor satu di Aceh ini sengaja melakukan Sidak untuk memantau ketersediaan dan fluktuasi harga bahan pokok. Sebab, tingkat konsumsi masyarakat yang kerap meningkat di bulan Ramadhan, dikhawatirkan berpengaruh terhadap ketersediaan stok pangan yang berimbas pada gejolak harga.

“Alhamdulillah stok beberapa jenis komoditas masih aman dan harganya juga relatif stabil misalnya harga cabe merah, bawang merah dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Kita harap akan terus stabil selama bulan Ramadhan,” pungkas Abu Doto, yang turut didampingi Kadiperindag Aceh Safwan, Kabiro Humas Pemerintah Aceh HM Ali Alfata dan sejumlah pejabat lainnya.

Fluktuasi harga, terang Gubernur akan tetap dikontrol. Meskipun demikian, Zaini Abdullah juga mengimbau masyarakat agar menjaga pola konsumsi di bulan suci Ramadhan.

Dari pantauan dan keterangan sejumlah pedagang di Pasar tersebut, harga bawang merah, yang beberapa waktu lalu sempat meroket, kini kembali normal. Bawang merah dijual Rp 30.000 – Rp 32.000 per kilogram. Sedangkan harga cabe merah berkisar antara Rp. 38 ribu – 40 ribu rupiah/kg.

Stok Beras dan Gula Aman

Usai meninjau pasar induk Lambaro, Gubernur Zaini Abdullah juga mengecek stok pangan di gudang Bulog Lambaro dan gudang gula PT. Kande Agung yang berlokasi di Lueng Bata. Dijelaskannya, total stok beras saat ini mecapai 24 ribu ton, khusus untuk Banda Aceh tersedia 6300 ton. Stok ini diprediksi mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga delapan bulan kedepan. Sedangkan gula, stok yang tersedia saat ini adalah 4.300 ton dan akan terus di pasok untuk memenuhi kebutuhan dipasar. “dari hasil pantauan, kita memastikan bahwa stok beras dan gula aman dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Aceh selama bulan puasa,” kata Gubernur.

Selain itu, Abu Doto juga menyempatkan diri meninjau progress pembangunan pelabuhan Samudra Lampulo. Tinjauan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Aceh dalam penyelenggaraan even nasional yaitu, peringatan puncak Hari Nusantara 2015, yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo, bulan Desember nanti.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Zaini Abdullah mengintruksikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh agar fokus memperhatikan kebersihan di lokasi pelabuhan tersebut, sehingga kenyamanan dan kesehatan warga terjamin. []

Check Also

Ayu Marzuki: Semua Punya Peran Dalam Mencegah dan Melindungi Anak dari Kekerasan

SIGLI – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ayu Marzuki mengungkapkan upaya pencegahan dan …