Home / Berita Terkini / Kapolda: Masih Ada Senjata Api Ilegal di Aceh

Kapolda: Masih Ada Senjata Api Ilegal di Aceh

Humas Aceh | 4 Feb 2016

BANDA ACEH, Kapolda Aceh Irjen Pol M Husein Hamidi menegaskan masyarakat yang masih memegang senjata api secara ilegal agar segera menyerahkannya ke polisi atau aparat keamanan yang terdekat.

“Bagi yang masih menyimpan senjata api secara ilegal, segera serahkan ke polisi atau kepada aparat terdekat,” tegas Kapolda Aceh Irjen Pol M Husein Hamidi di Banda Aceh, Rabu 3 Februari 2016.

Kapolda mengatakan, beberapa tindak kriminal yang terjadi di Aceh menunjukkan masih ada senjata api yang dipegang secara ilegal. Senjata api tersebut berasal dari bekas konflik.

Termasuk yang digunakan dalam penculikan terhadap seorang pejabat di Pemerintah Aceh, kata Kapolda, senjata api yang diamankan polisi dari tangan dua pelaku yang tewas ditembak diduga dari sisa konflik.

Dari tangan dua penculik seorang pejabat Pemerintah Aceh tersebut, polisi mengamankan sepucuk senjata api laras pendek jenis FN beserta magasin dan 11 butir pelurunya.

Kemudian, polisi juga mengamankan sepucuk senjata api laras panjang jenis SS1 dengan tujuh magasin berisi peluru serta amunisinya sebanyak 184 butir. Dan barang bukti lainnya seperti uang ratusan juta, dan mobil.

“Bayangkan jika senjata api ini digunakan untuk kejahatan, sehingga berimbas kepada gangguan keamanan. Jika keamanan terganggu, maka terganggu pula perekonomian masyarakat,” kata dia.

Menyangkut jumlah senjata api ilegal yang beredar di masyarakat, Kapolda Aceh mengatakan pihaknya tidak mengetahui pasti jumlahnya. Namun, polisi terus mengimbau agar masyarakat yang masih menyimpan segera menyerahkannya.

“Diperkirakan masih ada senjata api ilegal sisa konflik yang disimpan masyarakat. Karena itu, kami mengimbau masyarakat yang masih menyimpan senjata api segera menyerahkannya ke polisi,” kata Irjen Pol M Husein Hamidi.(ant)

sumber : www.lintasnasional.com

Check Also

[Video] Sekda Resmikan Sembilan Ruangan Layanan Khusus Penyakit Infeksi