Home / Berita Terkini / Konsep Kota Madani dan Wisata Islami Antarkan Illiza Raih JPG Award

Konsep Kota Madani dan Wisata Islami Antarkan Illiza Raih JPG Award

Humas Aceh | 26 jan 2016

Jakarta – Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE meraih penghargaan Jawa Pos Group (JPG). Penghargaan diserahkan langsung oleh komisaris utama JPG Azrul Anandw di Fairmont Hotel, Jakarta , Jumat (22/1/2016).

Pemberian penghargaan pada Illiza dilakukan melalui proses seleksi 167 surat kabar dan 21 tabloid di bawah JPG yang tersebar di seluruh Indonesia. Illiza dinilai telah memberikan inspirasi dan spirit baru pada pemerintahan dengan konsep kota madani serta wisata Islami.

“Sejak tiga bulan lalu seluruh media JPG yang tersebar dari Aceh hingga Papua melakukan seleksi dan inilah yang terbaik mewakili Indonesia,” kata Azrul, saat penyerahan penghargaan.

Menurut Azrul, konsep wisata Islami dengan kuliner halal merupakan salah satu tren yang sedang berkembang saat ini dalam dunia pariwisata, Banda Aceh merupakan salah satu pengagasnya. Kini wisata Islami ini juga tumbuh di Padang, NTB dan sejumlah kota di Indonesia.

Penerapan syariat Islam terbukti tidak mengurangi pendapatan Banda Aceh dari sektor wisata, bahkan sebaliknya, hingga Maret tahun lalu, Banda Aceh mendapat kunjungan 12 ribu wisatawan manca negara, hal ini membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya mendeklarasikan Banda Aceh sebagai Destinasi Wisata Islami Dunia.

Usai menerima penghargaan, Illiza menyatakan apa yang telah diraih merupakan kesuksesan selurah warga, pengusaha bidang pariwisata serta jajarannya. Bagi Illiza meningkatnya pendapatan kota lewat sektor pariwisata merupakan berkah Allah, dan bukti pemberlakuan syariat Islam tidak merugikan sektor wisata.

“Penghargaan ini akan menjadi spirit baru kita untuk merancang program yang lebih baik lagi nantinya, dan semoga bisa menjadi pembelajaran bagi yang lainnya,” kata Illiza.

Banda Aceh saat ini telah memiliki sejumlah festival terkait pengembangan program wisata Islami, selain itu, juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang bernilai sejarah dan Islam. Destinasi wisata Islami di Banda Aceh selain masjid,  kompleks pemakaman raja, juga sejumlah lokasi wisata sejarah.

“Destinasi wisata Islami di Banda Aceh akan terus kita kembangkan, termasuk melanjutkan festival tahunan yang dilangsungkan,” jelas Illiza.

Selain Illiza, JPG juga memberikan penghargaan pada  Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Bupati Jayapura MathiusAwoitauw serta Bupati Dompu Bambang M Yasin. Kemudian, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini,  Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wali Kota Bandar Lampung Herman HN dan Wali Kota Kendari Asrun.

Sumber : www.bandaacehkota.go.id

Check Also

Virus Corona Bukan Hoax, Semua Siaga Tangkal Laju Transmisinya

Banda Aceh—Ada banyak informasi palsu (hoax) di seputar virus corona yang beredar masif di tengah …