Home / LINTAS ACEH / Kontrol Pasar, Disperindag Aceh Bangun Sistem Informasi Harga Barang

Kontrol Pasar, Disperindag Aceh Bangun Sistem Informasi Harga Barang

Banda Aceh | 08/07/2014

LOGO HUMASs

Banda Aceh [Humas Aceh] – Permainan harga barang di berbagai pasar tradisional memang terhelakkan. Contohnya saja. Dalam kondisi tertentu, harga cabai di Pasar Kartini Peunayong dibandingkan pasar-pasar lainnya di Banda Aceh bisa berbeda. Untuk mengontrol itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh  membangun sistem informasi harga barang.

“Tujuannya untuk memudahkan masyarakat. Biar masyarakat tau harga barang terkini sesuai standarnya. Nah kalau ternyata pedagang menjual lebih dari standar itu, masyarakat bisa melapor ke Disperindag kabupaten/kota setempat untuk diadvokasi,” ujarnya menjawab The Globe Journal, Rabu (6/8/2014).

Saat ini, inovasi program Disperindag tersebut baru dimulai di Pasar Nasabe, Banda Aceh. Sistem harga barang berbasis online ini menampilkan sejumlah kebutuhan barang pokok beserta harga standarnya. Data barang pokok dan harganya itu terus diupdate sesuai dengan informasi terkini.

Selanjutnya dia berharap, layanan sistem informasi harga barang tersebut dapat dibangun di seluruh pasar-pasar tradisional di Aceh. Dengan demikian dia berharap akan tercipta kondisi pasar yang kondusif. [005]

Sumber : http://theglobejournal.com/

Check Also

Aceh Jadi World’s Best Halal Cultural Tourism Destination

JAKARTA–Aceh ditetapkan sebagai World’s Best Halal Cultural Tourism Destination melalui World Halal Tourism Award oleh …