Monday , May 29 2017
Home / Berita Terkini / Kunjungan Wisman ke Aceh Pada Juli 2016 Meningkat

Kunjungan Wisman ke Aceh Pada Juli 2016 Meningkat

Humas Aceh | 1 Sep 2016

Banda Aceh —  Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Aceh per Juli 2016 mengalami peningkatan drastis. Hal tersebut menjadikan presentase penumpang baik udara mau pun laut ikut meningkat.

Dari data Badan Pusat Statistik Aceh, wisatawan mancanegara yang masuk ke Provinsi Aceh tercatat mencapai 2.363 orang pada Juli 2016 atau mengalami peningkatan hingga100,42 persen dibanding Juni lalu yang jumlahnya hanya 1.279 orang. Jumlah wisatawan luar negeri tersebut kebanyakannya berasal dari Malaysia, Cina dan Australia.

“Ini menunjukkan adanya kinerja pemerintah melalui Dinas Pariwisata, dan satu lagi, memang ekonomi dari negara tetangga baik. Hal itu sangat berpengaruh pada meningkatnya jumlah wisatawan ke Aceh,” ujar Darmawan Kabid Statistik Distribusi BPS Aceh.

Tak hanya untuk Aceh, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia juga meningkat. Secara total, wisatawan yang berkunjung ke Indonesia adalah 1.032.741 orang. “Sejarah baru wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia. Ini tertinggi dan pertama sekali ada lebih sejuta wisatawan mancanegara yang berkunjung dalam tempo satu bulan,” ujar Dr. Ir. Sasmito Hadi Wibowo, M.Sc, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa.

Sasmito menyebutkan wisatawan yang ke Indonesia kebanyakannya berasal dari Cina, Australia, Malaysia dan Arab Saudi. Sasmito memberikan alasan bahwa kondisi Indonesia baik dari segi cuaca mau pun keamanan sangat stabil. “Arab saudi terlalu panas, dan Australia terlalu dingin saat ini. Karena itu, wisman memilih ke Indonesia.”

Meningkatnya kedatangan tersebut ikut berpengaruh pula pada perkembangan transportasi udara dan laut. Pada Juli 2016 tercatat 79.582 penumpang yang diangkut melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Angka tersebut menunjukkan peningkatan hingga 22,17 persen dari bulan Juni lalu. Secara total, seluruh bandar udara di Aceh mengangkut sebanyak 94.576.

Selain Aceh, pintu masuk ke Indonesia yang mengalami kenaikan di antaranya Bandara Kualanamu di Medan, Soekarnohatta di Banten dan di Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda di Surabaya dan Ban Husen Sastranegara.

Untuk transportasi laut, jumlah penumpang mengalami peningkatan hingga 211,99 persen dari Juni lalu. Tercatat ada 91.518 penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Secara total, ada 186.550 penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan laut di Provinsi Aceh.

Hasil Sementara Sensus Ekonomi

Selain menyampaikan berbagai perkembangan di Aceh, BPS Aceh juga melaporkan hasil sementara dari Sensus Ekonomi 2016. Sensus yang dilakukan per 10 tahun sekali tersebut adalah untuk mendata secara lengkap keseluruhan unit usaha non pertanian yang berada pada batas sebuah wilayah. Gunanya untuk mengetahui gambaran tentang struktur ekonomi suatu daerah berdasarkan lapangan usaha mau pun skala usaha.

Dari hasil sensus, tercatat ada 433,1 ribu usaha yang tersebar di Aceh, atau meningkat 17,07 persr dibandingkan tahun 2006. Terbanyakya ada di Kabupaten Aceh Utara yaitu 49,5 ribu usaha dan Kota Subulussalam menjadi daerah yang paling sedikit mempunyai usaha yaitu sebanyak 6,0 ribu unit.

Dilihat dari pertumbuhannya, Kabupaten Gayo Lues mengalami pertumbuhan tertinggi yaitu 166,0 persen, sementara terendah adalah Kabupaten Pidie Jaya yang hanya memiliki pertumbuhan 16,5 persen.

Darmawan melaporkan, dari Sensus yang dilakukan BPS, diketahui bahwa ada 164,2 ribu usaha di Aceh yang menempati bangunan khusus untuk tempat usaha. Dengan demikian, kata Darmawan tidak menempati tempat usaha melainkan menjalankan usaha seperti pedagang keliling, di rumah, kaki lima mau pun beragam tempat lainnya.

“Sensus ini adalah kegiatan pendataan lengkap seluruh usaha kecuali pertanian,” ujar Dermawan. Ia menambahkan, pihak BPS tidak melakukan sensus secara total melainkan hanya pencacahan sampel.” Ujar Darmawan. Tidak dilakukannya survey secara menyeluruh, lanjutnya, karena anggaran yang tersedia di BPS sangat terbatas. “Kita hanya melakukan 57 persen dari blog sensus ini.” (Humas-Aceh)

Check Also

Ini pesan Bupati Rocky malam pertama Ramadhan

Humas Aceh | 27 Mei 2017 ACEH TIMUR — Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib …