Home / Kota Banda Aceh / Masjid Al-Furqan Kini Miliki Pojok Baca Gemilang

Masjid Al-Furqan Kini Miliki Pojok Baca Gemilang

Humas Aceh | 9 Maret 2018

Banda Aceh – Masjid Al Furqan Beurawe Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh kini memiliki sebuah pustaka mini yang dinamakan ‘Pojok Baca Gemilang’. Pojok Baca Gemilang ini diresmikan, Kamis (8/3/2018) oleh Asisten Pemerintahan, Kesejahteraan Rakyat dan Keistimewaan Setdakota Banda Aceh, Bachtiar S Sos. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bachtiar S Sos yang mewakili Wali Kota. 

Pojok Baca Gemilang ini terletak di sudur kanan Masjid Al Furqan dekat dengan tangga menuju lantai II Masjid kebanggaan warga Beurawe tersebut. Banyak buku bacaan, terutama buku-buku tentang pengetahuan Islam disediakan disini. Bahkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banda Aceh memasok hingga 500 judul untuk Pojok Baca Gemilang ini.

Bachtiar S Sos dalam sambutannya mewakili Wali Kota menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BKM Masjid Al Furqan dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banda Aceh atas hadirnya pustaka mini tersebut.

Bachtiar berharap, dengan beroperasinya Pojok Baca Gemilang akan memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat dalam bentuk kepedulian dan minat terhadap budaya baca warga kota. “Kami juga berharap kita semua dapat terus membudayakan gemar membaca dan mengembangkan tempat seperti yang dilakukan Gampong Beurawe ini,” harap Bachtiar.

Salah-satu tokoh masyarakat Beurawe, DR H Tgk Idris Mahmudi menyambut baik hadirnya Pojok Baca Gemilang.  Katanya ini langkah maju dalam mendorong minat baca warga kota, terutama warga Gampong Beurawe.

“Mungkin jamaah setelah shalat selain baca Al-Qur’an juga punya pilihan membaca buku untuk menambah pengetahuan Islam. Karena mayoritas buku yang diseriakan di Pojok Baca Masjid ini adalah buku pengetahuan Islam,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Idris Mahmudi menyarankan agar BKM Masjid Al Furqan dapat menyisihkan 5 % dari sumbangan jamaah masjid untuk menambah jumlah buku.

Kadis Perpustakaan dan Arsip: Ini Upaya Tindaklanjuti Visi Misi Wali Kota

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Banda Aceh, Alimsyah SPd MS memyampaikan pihaknya akan terus mendorong lahirnya ‘Pojok Baca Gemilang’ yang lain di ruang-ruang publik dalam Kota Banda Aceh.

Katanya, ini merupakan upaya dalam menterjemahkan visi misi Wali Kota, yakni Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah.  “Gemilang itu identik dengan kemajuan. Kemajuan tidak akan terwujud tanpa ilmu dan pengetahuan. Jadi salah-satu cara adalah dengan banyak membaca,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya dalam waktu dekat ini kembali akan membuka Pojok Baca Gemilang lainnya di sejumlah ruang publik di Kota Banda Aceh. Lokasinya bisa di tempat pelayanan publik speetti terminal, tempat pelayanan perizinan dan ruang publik lainnya.

Program ini dilakukan dalam rangka meningkatkan minat baca warga kota dengan harapan lahirnya SDM Banda Aceh yang berkualitas.

“Di negara maju, 30 % masyarakatnya merupakan anggota pustaka. Sedangkan kita di Aceh masih di angka 7%. Kita akan buat sistem baru untuk mendorong meningkatnya angka ini dengan cara menjemput bola,” ujar Alimsyah.

Check Also

Pemko Langsa Gelar Apel Bersama dan Halal bi halal

Humas Aceh | 21 Juni 2018 Langsa: Walikota Langsa Usman Abdullah, SE memimpin apel bersama dalam …