Home / Informasi Lain / DINUL ISLAM / Menag Optimis Penyiapan Paspor Selesai Sesuai Jadwal

Menag Optimis Penyiapan Paspor Selesai Sesuai Jadwal

Humas Aceh | 18 Juli 2017

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan kalau proses persiapan dokumen jemaah haji yang terkait paspor masih terus berproses. Menag yakin kalau persiapan keduanya akan selesai sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Paspor optimis pada saatnya akan terselesaikan karena prosesnya bertahap. Sampai 27 Juli mudah-mudahan sudah seluruhnya,” keta Menag kepada tim Media Center Haji (MCH) 1438H/2017M di Jakarta, Senin (17/07).

“Paspor gelombang pertama sudah selesai semua. Gelombang kedua mudah-mudahan segera selesai sesuai jadwal kita,” sambungnya.

Data Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menyebutkan bahwa 81% atau 171.860 paspor jemaah haji Indonesia saat ini sudah berada di Jakarta untuk proses visa.

Soal visa, Menag Lukman mengatakan bahwa penerbitannya menjadi kewenangan Pemerintah Saudi. Dalam tiga tahun terakhir, Saudi telah menerapkan e-hajj yang mempersyarakatkan seluruh data informasi setiap jemaah berada dalam satu paket untuk dapat dikeluarkan visanya.

“Ini sistemnya online sehingga cepat. Pengalaman sepekan terakhir, dalam sehari bisa sekitar sepuluh ribu visa yang keluar,” tuturnya.

Data Ditjen PHU yang dirilis Jumat, 15 Juli 2017 lalu, visa jemaah haji Indonesia yang sudah keluar mencapai 70.891 atau 34%. Proses ini dinilai relatif cepat mengingat baru dibuka sekitar lima hari. Proses pengurusan visa ini terus dilakukan tim Ditjen PHU setiap hari.

Kloter pertama jemaah haji Indonesia, dijadwalkan akan mulai diberangkat secara serentak dari 13 embarkasi pada 28 Juli 2017. Pemberangkatan jemaah dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berlangsung dari 28 Juli – 11 Agustus 2017. Sedangkan gelombang kedua akan diberangkatkan dari 12 – 26 Agustus 2017.

Sumber : kemenag.go.id

Check Also

Irwandi Yusuf : Pembangunan Akhlak harus menjadi prioritas

Humas Aceh | 2 Oktober 2017 Banda Aceh – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan, selain …